RADAR JOGJA – Pasar merupakan tempat berkumpulnya penanganan usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan pengusaha kecil. Oleh sebab itu, belanja langsung ke pasar dinilai penting.

“Karena pemulihan ekonomi nasional dan Bantul, berada pada penanganan UMKM,” sebut Penjabat Bupati Bantul Budi Wibowo ditemui usai berbelanja di Pasar Imogiri Selasa (24/11).

Di Pasar Imogiri, Budi membeli olahan peyek, bakmi lethek, dan sembako. Dengan harapan, warga di kabupaten dengan julukan Bumi Projotamansari kembali membeli produk UMKM. Berikut dagangan yang disajikan pengusaha kecil di pasar tradisional. “Dengan demikian akan terangkat (perekonomian UMKM dan pengusaha kecil, Red),” cetusnya.

Menurut Budi, bantuan sosial berupa uang tunai lebih tepat, jika dibanding memberikan bantuan berupa barang. Sebab pedagang pasar mengeluh, dagangannya menjadi tidak laku. “Oleh karena itu, kami berharap bantuan dari pemerintah di kemudian hari adalah dalam bentuk uang. Sehingga dapat dibelanjakan ke pasar. Dan pedagang kecil bisa merasakan keuntungan dan kesejahteraan,” pintanya.

Selanjutnya, diharapkan pula aparatur sipil negara (ASN) dan masyarakat memperhatikan pasar tradisional di Bantul. Dengan berbelanja di pasar tradisional untuk menumbuhkan perekonomian UMKM dan pengusaha kecil. “Itu tujuan kami, nanti ada Surat Keputusan (SK) Bupati untuk belanja di UMKM,” ungkapnya.

Lurah Pasar Imogiri Suharsono mengaku senang. Sebab pasarnya mendapat kunjungan dari Penjabat Bupati, dalam rangka untuk mengetahui perkembangan perputaran ekonomi di pasar rakyat. Terutama pedagang kecil selama pandemi Covid-19. “Dan ternyata beliau mengapresiasi pasar Imogiri, yang menerap protokol kesehatan (prokes). Bentuk antisipasi agar pada perjalanannya, pasar tradisional yang dihuni oleh pedagang kecil dapat tetap eksis dan dapat melayani pembeli. Stabilitas pedagang kecil di pasar tradisional terjaga. Maksud utamanya seperti itu,” ujarnya.

Kunjungan Penjabat Bupati Bantul ke Pasar Imogiri pun diapresiasi Kepala Dinas Perdagangan (Dinper) Bantul Sukrisna Dwi Susanta. Sebab dinilai sebagai sebuah kepedulian terhadap pedagang kecil. Berikut memberikan motivasi. “Dengan memberi contoh yang baik, membeli produk di pasar. Pasar bisa hidup, dan pasar tidak akan mati. Karena perekonomian dan barometer inflasi ada di pasar. Jadi bila masyarakat membeli, pedagang mendapat pendapatan. Jadi dengan demikian, harga dapat stabil,” paparnya. (*/cr2/bah)

Bantul