RADAR JOGJA – Mengusung nama Srikandi, RSUD Panembahan Senopati menyediakan layanan daftar pemeriksaan secara online. Srikandi sendiri merupakan akronim dari “sistem registrasi lan informasi kanthi daftar mandiri”. Layanan ini gratis dan dapat diakses melalui WhatsApp (WA), web, dan aplikasi.

Kepala Instalasi Rekam Medis RSUD Panembahan Senopati Puji Wiyatmi mengungkap, di RS milik Pemkab Bantul itu sudah menyediakan layanan daftar sejak November 2017. Namun, saat itu sift layanan sangat sederhana. Sistemnya hanya menggunakan pesan singkat dan WA. “Saat ini kami sudah ditetapkan dalam Keputusan Direktur RSUD Panembahan Senopati No 230/2020 tentang Sistem Pendaftaran Online RSUD Panembahan Senopati. Sistem yang termasuk pendaftaran online WA, web, dan aplikasi,” paparnya belum lama ini.

Untuk mengakses layanan, pasien cukup mengetik daftar#nama poliklinik#nama dokter#nomor rekam medis#tanggal lahir. Kemudian dikirim ke nomor 081904000707 melalui WA. Pasien juga dapat membuka laman web Srikandi. Opsi lainnya, pasien bisa mengunduh aplikasi Srikandi melalui Playstore. “Kami melayani yang sudah menjadi pasien di RSUD Panembahan Senopati. Itu masuk dalam ketentuan kami. Jadi pasien memiliki nomor medical record,” jelasnya.

Dengan menggunakan layanan ini, pasien dipastikan mendapat kuota pemeriksaan. Pada hari dan bersama dokter yang dikehendaki. Pasien pun tidak perlu menunggu terlalu lama. Pasien dapat menghitung sendiri waktu perjalanan dari kediamannya ke RSUD Panembahan Senopati. Sampai sebelum batas maksimal verifikasi data. “Jadi pasti dapat jatah. Tapi kami juga membatasi. Pasien dapat nomor sekian harus verifikasi maksimal jam sekian,” ujarnya.

Srikandi efektif mulai pukul 00.01. Pasien dapat mendaftar sejak H-2 pemeriksaan yang dikehendaki. Namun, pasien juga dapat mendaftar pada hari H pemeriksaan. Jika kuota masih mencukupi. Maksimal 1,5 jam sebelum penutupan pendaftaran anjungan pendaftaran mandiri (AMP). Dengan jadwal Senin-Kamis tutup pukul 12.00, Jumat pukul 10.00, dan Sabtu pukul 13.30.

Ditambahkan personalia Sistem Informasi Manajemen RSUD Panembahan Senopati, Lilin Putri Pamungkas, Srikandi diluncurkan sejak Juli lalu. Namun, mulai massif digunakan tiga bulan terakhir. Dilaporkan, total pengguna Srikandi pada September sebanyak 101 pasien. Naik, pada Oktober terdapat 118 pasien. Pengguna melonjak signifikan di bulan ini, dengan total 750 pasien per 13 November 2020. “Kami belum menemukan kendala, tapi kami akan terus memantau tren yang ada di masyarakat. Nantinya, kami akan kembangkan Srikandi,” ujarnya.(**/cr2/pra)

Bantul