RADAR JOGJA – Selesai dibangun, Jembatan Gantung Nawacita di dusun Tegaldowo, Bantul, ramai dikunjungi warga untuk berwisata. Menggantung di atas Sungai Bedog, jembatan tersebut menghubungkan Kampung Tegaldowo dengan Desa Guwosaru, Kecamatan Pajangan.

“Setiap hari ratusan pengunjung datang ke lokasi ini,” ujar Ketua Pokdarwis Tegal Dowo Manunggal, Sugiran, Jumat (23/10). 

Kini jembatan tersebut dipercantik warga dengan membangun taman Puspa Gading di sekitarnya. Dilengkapi sejumlah wahana rekreasi, seperti kolam renang anak-anak, terapi ikan hingga gazebo.

Pokdarwis setempat berencana mengembangkan kampung Tegaldowo menjadi wahana edukasi anak. Di antaranya bumi perkemahan, area outbound, perpustakaan hingga edukasi pertanian tradisional maupun modern. 

“Nantinya anak-anak akan kita ajarkan bagaimana menanam padi. Jadi selain destinasi, ada unsur edukasinya,” tambah Sugiran.

Rencana tersebut didukung Lurah Desa Bantul Supriyadi. Dia mengapresiasi langkah warga Tegaldowo yang dengan gotong royong cepat menangkap peluang, menjadikan jembatan gantung sebagai destinasi wisata. 

“Setiap sore dan akhir pekan, banyak anak-anak datang ke sini untuk berwisata. Termasuk para pecinta sepeda. Mereka biasanya gowes dari Guwosari, Pajangan mengambil rute melintasi jembatan gantung, menuju kampung Tegaldowo,” ujarnya. (sky/tif)

Bantul