RADAR JOGJA – Kepolisian RI melalui Polda DIJ memberikan bantuan empat kolam Lele kepada Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Serikat Pekerja Nasional (SPN) DIJ di Dusun Banyakan I, Sitimulyo, Piyungan, Bantul. Peresmian secara simbolis ditandai dengan penebaran bibit ikan Lele oleh Kapolda DIJ yang diwakili oleh Wadirbinmas Polda DIJ AKBP Sulistiyono didampingi Wadirintelkam Polda DIJ AKBP Andi Aditya Sakti.

Sulistiyono mengatakan, Polda DIJ juga menginisiasi terbentuknya Kampung Tangguh Nusantara (KTN). Tercatat sudah ada 89 KTN se-DIJ per Oktober ini. 

“KTN mengusung lima ketangguhan, yakni kesehatan, kamtibmas, ekonomi, pendidikan dan informasi. Diharapkan, proyek percontohan berupa paket bantuan empat kolam Lele ini bisa mendorong ketangguhan ekonomi. Ini merupakan hasil kolaborasi antara Polda DIJ dengan SPN DIJ,” jelasnya.

Sulistiyono memaparkan, keunggulan kolam bantuan yang berbahan terpal bisa bertahan sampai 7 tahun. Sedangkan Lele dipilih karena mudah dan cepat dipanen, juga tahan penyakit. Pemasarannya yang mudah juga dapat langsung dirasakan.

Selain itu, untuk mengantisipsi krisis pangan, Polda DIJ memiliki strategi program ketahanan pangan dengan melaksanakan baksos pembagian sembako dan pemberdayaan kepada masyarakat yang terdampak langsung.

“Saat ini Polda DIJ sudah memberikan bantuan 100 ton beras, 50 kolam lele, dan 200 ember budidaya Lele untuk rumah tangga. Diharapkan antara Penyuluh Pertanian, Penyuluh Perikanan dan Babinkamtibmas bisa saling berkoordinasi membantu memberdayakan masyarakat,” ungkap Sulistiyono.

Sementara itu Kasi Hubungan Industrial Bidang Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja Disnakertrans DIJ Darsum mengapresiasi adanya bantuan kolam Lele ini. Menurutnya, bantuan ini bisa memberdayakan anggota SPN DIJ dan warga sekitar. Sekaligus mengatasi permasalahan dan dampak Covid-19.

“Program bansos yang bisa dirasakan langsung manfaatnya seperti ini, sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk survive secara ekonomi saat ini,” ungkapnya. (sky/tif)

Bantul