RADAR JOGJA –Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) mempertanyakan dukungan Gerbong Biru terhadap pasangan Suharsono – Totok Sudarto (Noto). Pasalnya, Gerbong Biru di bawah koordinasi, Janan Sarjito diisi oleh para kader PAN.

Ketua DPD PAN Bantul Mahmud Ardi Widanto menegaskan, partainya solid mengamankan perintah Dewan Pimpinan Pusat (DPP), dalam mendukung Abdul Halim Muslih – Joko Purnomo (AHM -JP). Bakal calon (balon) wakil bupati Gunungkidul itu mempertanyakan keberadaan Gerbong Biru. ”Itu pengurus atau simpatisan. Tidak ada Gerbong Biru di PAN,” tegasnya kepada Radar Jogja Minggu (20/9).

Ardi menyebut Janan, tidak amanah. Dijelaskan, Janan merupakan mantan Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PAN Banguntapan. “Dulu pengurus PAN saat periode saya pertama. Karena bermasalah di PAN, kami hentikan,” ungkapnya.

Ardi pun mempernyataan dukungan Hanafi Rais pada Noto. Menurutnya, dukungan anak dari Amien Rais tersebut bersifsat personal. ”Tanyakan saja, dia bikin statemen sebagai apa,” ketusnya.

Dikatakan, di Sleman, PAN Mendukung Kustini – Danang. Di Gunungkidul, PAN mendukung pencalonannya bersama Sutrisna Wibawa. “Bantul dukung AHM-JP, ndak ada tidak solid,” jelasnya.

Seperti diketahui, partai berlambang matahari ini telah menyatakan dukungan AHM – JP dalam Pilkada Bantul. Dukungan tersebut hasil rekomendasi dari DPP.

Sementara sebelumnya, Janan menjelaskan, Gerbong Biru adalah perwakilan suara masyarakat Bantul. Namun, dia mengaku dari partai politik. ”Gerbong Biru pernyataan pribadi, bukan struktural partai atau anggota partai kami (PAN),” ucapnya usai deklarasi mendukung Noto di kediaman Suharsono, Sewon, Bantul, Jumat (18/9).

Alasan mendukung Noto, jelasnya, karena sepakat dengan visi misi yang dibawa. “Iya, hampir semua kader PAN (anggota Gerbong Biru). Tapi ada juga yang bergabung di luar itu,” ungkapnya.

Janan pun mengklaim, Gerbong Biru sudah terbentuk di 16 kecamatan dari 17 kecamatan yang ada di Bantul. Kecamatan yang belum memiliki kader Gerbong Biru, hanya Pajangan. Organisasi ini sudah mndukung Noto jelak periode sebelumnya, yaitu Pilkada 2015. “Yang hadir di sini (deklarasi dukungan terhadap Noto), adalah wakil dari tingkat kelurahan sebanyak 250 orang,” jelasnya.

Sedangkan Hanafi, tidak secara fisik bergabung dalam deklarasi dukungan terhadap Noto. Melalui panggilan video dia menyampaikan dukungannya terhadap pasangan Noto. “Saya berharap sekali pasangan di hadapan kita bisa didukung bersama. Dukungan ini atas komitmen dan menegakkan pemerintahan yang bersih dari korupsi,” cetusnya. (cr2/bah)

Bantul