RADAR JOGJA – Seorang mahasiswa Jurusan Biologi UGM tewas tenggelam di Sungai Oya, Imogiri, Bantul, Minggu (20/9). Tepatnya di perbatasan Desa Sriharjo dengan Desa Selopamioro. Mahasiswa bernama Ainurrizqi, 22, itu tengah berwisata dan diduga tak bisa berenang ketika terjebak di titik sungai yang dalam.

Lurah Desa Sriharjo Kecamatan Imogiri, Titik Istiwayatun Khasanah menuturkan, menurut saksi setempat korban datang bersama dengan teman-temannya datang melalui Desa Sriharjo. Usai memarkir kendaraannya, sekitar pukul 10.00 korban langsung turun ke sungai dan bermain air bersama teman-temannya. Beberapa saat kemudian, teman-teman korban berteriak histeris mengetahui korban tidak bisa berenang dan tenggelam. 

Warga sekitar dan pengunjung lain yang mengetahui kejadian langsung memberikan pertolongan. Setelah dilakukan pencarian, korban ditemukan dalam keadaan lemas dan tidak sadar.

“Warga sekitar bersama pengunjung berusaha memberikan pertolongan agar air di tubuh korban bisa keluar,” ujarnya.

Korban langsung dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Panembahan Senopati. Namun sesampainya di rumah sakit, korban sudah dinyatakan meninggal dunia.

Titik mengklaim lokasi tenggelamnya korban masuk wilayah Padukuhan Kedungjati, Desa Selopamioro. “Benar, tetapi itu masuk Kedungjati Selopamioro,” terangnya. 

Dia mengakui, pengawasan Tim SAR terhadap wisatawan saat ini masih minim. 

Pihaknya tengah berencana mengadakan pelatihan SAR untuk pengelola bulan ini.

“Belum sampai waktunya, ndilalah sudah ada kejadian,” ujarnya. (sky/tif)

Bantul