RADAR JOGJA – September ini menjadi puncak kemarau di DIJ. Dampaknya, sebagian warga mulai kesulitan mengakses air bersih. Itulah yang mengundang keprihatinan Forum Komunikasi Pengusaha Muda Bantul yang tergabung dalan relawan Jalumas.

Bantuan air bersih diberikan kepada warga di kawasan Sitimulyo, Piyungan, Bantul, Minggu (20/9). Karena masih dalam masa pandemi Covid-19, bakti sosial tersebut juga tetap menerapkan protokol kesehatan. Mulai dari wajib memakai masker hingga menjaga jarak selama acara.

Selain para relawan Jalumas, kegiatan itu dihadiri oleh Ketua Dewan Pendiri Jalumas, Dr drg H Bambang Widayanto MBA. Hadir pula dalam kegiatan tersebut, Ketua Forum Komunikasi Pengusaha Muda Bantul Bima Bhakti Nusantara, SH.,MH., serta anggota DPRD Bantul Nur Yuni Astuti,S.Sos.,SH.

Dalam kesempatan itu, Ketua Jalumas Bantul Haryono menyebut, bakti sosial ini merupakan kegiatan rutin. Kali ini diwujudkan dengan menyalurkan 10 tanki air bersih untuk warga terdampak kekeringan di Sitimulyo, Piyungan. Warga yang tinggal di kawasan perbukitan tersebut selama ini mengandalkan mata air. Tapi karena kemarau sumber air menipis. “Bantuan air bersih disalurkan di daerah Sitimulyo, Piyungan yang saat ini msyarakatnya kesulitan untuk mendapatkan air bersih,” ungkap Haryono di sela penyaluran bantuan.

Jalumas yang dalam Pilkada Bantul 2020 nanti sudah mendeklarasikan diri menjadi relawan pemenangan Abdul Halim Muslih–Joko Purnomo ini juga sudah rutin menggelar baksos. Haryono mengatakan, akan kegiatan berbagi menjadi bagian dari aktivitas Jalumas. Yang kali ini diwujudkan dengan menyalurkan air bersih. “Kegiatan baksos air bersih ini merupakan bentuk kepedulian Jalumas terkait masalah kekeringan yang sangat menyusahkan warga,” jelasnya.

Perwakilan warga Sitimulyo, Piyungan Sukiman menyambut baik kegiatan berbagi air bersih dari Jalumas Bantul. Menurut dia, bantuan ini sangat membantu warga selama musim kemarau ini. Begitu pula DPRD Bantul
Nur Yuni Astuti,S.Sos.,SH yang menyampaikan apresiasinya. Dia pun mengajak ormas lainnya untuk melakukan hal serupa. (*/pra)

Bantul