RADAR JOGJA – Panitia Seleksi Nasional (panselnas) Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) menyiapkan fasilitas ujian di ruang isolasi bagi calon pegawai negeri sipil (CPNS). Ujian seleksi kompetensi bidang (SKB) dijadwalkan digelar 5 – 18 September.
Petugas juga menyediakan alat pelindung diri (APD) bagi pengawas di ruang tersebut. Sebagai antisipasi bila terdapat peserta yang tidak memungkinkan ujian bersama peserta yang lain. Sementara peserta yang dinyatakan oleh tenaga medis tidak dapat melanjutkan ujian sesuai jadwal, akan diberi kesempatan pada sesi terakhir ujian.

“Jadi tidak ada peserta yang digugurkan sebelum ikut ujian,” tegas Kepala badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Bantul Danu Suswaryanta di kantornya Senin (24/8).

Di tahun ini, SKB CPNS Bumi Projotamansari dijadwalkan pada 14 – 16 September. Ujian dibagi menjadi tiga sesi per hari. Seperti kabupaten-kota lain di DIJ, lokasi ujian di Jogja Expo Center (JEC). Ujian diikuti 1.535 CPNS, di mana 49 pesertanya berasal dari luar DIJ. Namun, hanya 29 di antara peserta luar DIJ itu memilih ujian di daerah asalnya. Itu pun ujiannya dipisah dengan peserta dari DIJ. “Mereka kami jadwalkan di sesi terakhir, hari terakhir,” jelas Danu.

Persiapan ini merupakan upaya petugas untuk menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Penyelenggaraan ujian sendiri sejatinya dilakukan pada Maret lalu. Hanya, harus tertuda akibat pandemi Covid-19. ”Jika ujian tidak selenggara, akan berdampak pada kinerja pegawai yang tidak optimal,” terangnya.
Dijelaskan, Bantul membutuhkan 601 PNS. Namun, jumlah formasi yang masih ada pesertanya hanya 598. Sisanya telah gugur dalam seleksi administrasi dan seleksi kompetensi dasar (SKD).

Sementara itu, salah satu peserta asal Wirokerten, Banguntapan, Bantul yang enggan namanya dikorankan mengaku tidak risau. Kendati ada peserta dari luar DIJ saat SKB kelak. Sebab gadis 26 tahun itu mendapat jadwal SKB pada 15 September. Sehingga tidak bersamaan hari dengan peserta luar DIJ. “Kami Cuma dapat imbauan untuk melakukan karantina mandiri sebelum ujian,” sebutnya. (cr2/bah)

Bantul