RADAR JOGJA – Sabtu malam (15/8) Gudang mebel milik PT Cafe MAN atau PT Huchision 3 Indonesia di Dusun Glondong RT03, Tirtinormolo, Kasihan, Bantul terbakar. Kerugian perusahaan milik Jefri Tanuwijaya tersebut ditaksir mencapai Rp 10 miliar. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kebakaran gudang seluas sekitar 1.000 meter persegi itu.

Manajer Pusat Pengendalian Operasional Badan Penangguangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul Aka Luk Luk menyebutkan kerusakan gudang beserta isinya mencapai 90 persen.

“Estimasi kerugian mencapai Rp 10 miliar,” ujarnya.

Sebanyak tujuh unit mobil pemadam kebakaran dan satu unit tangki air dikerahkan. Ditambah kendaraan damkar milik PT Madukismo, UGM dan 

Pemadam Kebakaran Kota Jogja juga turut membantu dengan dua unit kendaraan damkar. 

Kapolsek Kasihan Kompol Anton Nugroho menjelaskan, kebakaran terjadi sekitar pukul 19.30. Saksi yang merupakan satpam gudang Mulyono saat itu sedang duduk-duduk di gerbang gudang. Seseorang datang menghampirinya dan memberi tahu bahwa bagian belakang gudang terbakar.

“Mulyono langsung berlari melihat gudang belakang dan melihat kobaran apinya sudah membesar,” ujarnya, Minggu (16/8).

Saksi, lanjut Anton, sempat panik dan langsung menemui salah satu pekerja di bernama Tuminah yang rumahnya tak jauh dari gudang. Saat kembali ke gudang, kondisi kebakaran sudah semakin luas. 

Kendait demikian belum diketahui penyebab pasti kebakatan tersebut. Diduga berasal dari hubungan arus pendek yang menyebabkan api dan membakar tumpukan kayu. Api cepat membesar karena bahan di dalam gudang mudah terbakar. 

“Di dalam gudang itu merupakan mebel kayu ekspor, kayu kering dan juga ada bahan mudah terbakar seperti tiner,” paparnya. (sky/tif)

Bantul