RADAR JOGJA – SMP 1 Pundong menggelar layanan perpustakaan keliling di Dusun Nglembu, Panjangrejo, Pundong, Bantul. Perpus keliling ini diadakan Kamis (13/7).

Salah satu warga Pundong Markaban Anwar menjelaskan, program perpustakaan keliling yang diselenggarakan SMPN 1 Pundong ini untuk mengembangan budaya baca anak-anak. ”Sekaligus upaya sekolah untuk berbaur dengan lingkungan masyarakat,” jelasnya.

Menurut Kepala Sekolah SMPN 1 Pundong Hj Kusmiyati MPd menuturkan, perpustaaan keliling merupakan program yang baru dikembangkan. Ini merupakan upaya sekolah untuk meningkatkan minat dan budaya baca masyarakat, khususnya di wilayah Kecamatan Pundong.

“Kami memandang bahwa sekolah adalah bagian dari masyarakat, layanan sekolah tidak hanya mencakup bagi anak-anak peserta didik saja. Namun juga seyogianya bisa memberi akses pengetahuan bagi warga sekitar,” tuturnya.

Belum lama ini SMPN 1 Pundong juga telah merehabilitasi ruang perpustakaan. Ruang baca buku menjadi lebih luas. ”Kami juga membuka akses untuk umum, masyarakat boleh memanfaatkan layanan baca pada jam kantor. Intinya, layanan perpustakaan sekolah bukan hanya untuk anak-anak sekolah, masyarakat umum juga boleh mengaksesnya,” ungkapnya.

Sejauh ini program perpustakaan keliling yang dikoordinatori pustakawan Parti Yulaikha ini direspons baik oleh masyarakat. Selain anak-anak, nampak pula beberapa ibu-ibu ikut terlibat membaca buku-buku yang dibawa keliling petugas dengan mengendarai sepeda onthel. (ila)

Bantul