RADAR JOGJA – Jelang hari raya kurban harga sapi di Kabupaten Bantul mulai melonjak. Lonjakan itu mencapai 20 persen dari harga normal. Yakni, Rp 47 ribu per kilogram (kg) sapi hidup menjadi Rp 55 ribu hingga Rp 60 ribu per kg sapi hidup.

Pedagang sapi asal Segarayasa, Pleret Ilham Ahmadi mengatakan, harga sapi mulai melonjak sepekan ini. Seiring meningkatnya permintaan pasar. Dia pun mengaku, 25 hari menjelang hari raya kurban sebanyak 150 ekor sapi sudah dipesan. ”Hampir ludes tersisa 50 ekor,” jelasnya.

Jika dinominalkan, setiap ekor sapi harganya bisa mencapai Rp 18 juta hingga Rp 25 juta per ekor. Nah, pembelinya tidak hanya warga lokal, juga ada yang berasal dari Semarang, Jawa Tengah.

Dijelaskan, sebelum sapi dikirimkan kepada pembeli, sapi dilakukan pemeriksaan dokter hewan, rutin seminggu sekali. Hal itu dilakukan agar hewan terbebas dari penyakit. Sapi yang didatangkan dari luar kota juga wajib disertai surat keterangan kesehatan hewan (SKKH) dari daerah asal untuk menjamin kemanan hewan. “Kalau pengirimannya, biasanya H-1 atau H-2. Kalau ke Semarang langsung ditujukan ke rumah pemotongan hewan (RPH). Sebab langsung dipotong di sana,” tuturnya.

Pemotongan, jelasnya dapat dilakukan oleh kelompok-kelompok masyarakat. Meski, Pemerintah Daerah (Pemda) Bantul juga menyediakan RPH di Segarayasa.

Diakui, meningkatnya permintaan sapi jelang hari raya kurban ini dapat menutup kerugian selama pandemi Covid-19. Setelah sebelumnya harga sapi sempat anjlok hingga 30 persen dari harga normal.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (Disperpautkan) Bantul Joko Waluyo menyebut, ada sekitar 2.200 RPH di Kabupaten Bantul. Satu di antaranya dikelola pemerintah. ”Jumlahnya terbatas. Hanya mampu melakukan pemotongan 12 ekor per hari. Itu pun sudah penuh,” jelasnya.

Dia memprediksi jumlah ternak jelang hari raya kurban tahun ini tidak melesat jauh dari data tahun sebelumnya. Yakni, sekitar 21 ribu ekor. Dimana 6 ribu di antaranya lembu dan sisanya kambing ataupun domba. (mel/bah)

Bantul