RADAR JOGJA – Sebuah balon udara raksasa mendarat di Dusun Sawit, Desa Panggungharjo, Sewon, Bantul, Sabtu siang (13/6). Balon berwarna putih transparan itu mendarat tepat di tiang listrik. Dugaan sementara, balon berbahan baku plastik ini diterbangkan dari daerah Jawa Timur.

Kapolsek Sewon AKP Suyanto membenarkan adanya peristiwa tersebut. Balon udara mendarat sekitar pukul 11.00. Warga, lanjutnya, tak berani mengevakuasi balon raksasa tersebut. Terlebih jaringan listrik masih aktif dan bertegangan tinggi.

“Iya betul memang tadi ada balon udara tersangkut di tiang listrik, tapi sekitar jam 12 (siang) tadi langsung diturunkan,” jelasnya melalui sambungan telepon, Sabtu (13/6). 

Kanit Reskrim Polsek Sewon Iptu Sigit Teja Sukmana menuturkan laporan warga masuk tak lama setelah balon mendarat. Pihaknya langsung mendatangi lokasi temuan tersebut. Saat didatangi, balon raksasa masih tergantung di tiang listrik.

Sigit mengakui lokasi pendaratan sangatlah berbahaya. Tak hanya listrik tegangan tinggi tapi juga di tengah pemukiman warga. Apabila api masih menyala tentu dapat menimbulkan kobaran api.

“Diameter balonnya besar sekali dan terbuat dari plastik. Untuk rangka bawahnya dari bambu yang ditekuk melingkar. Ini sangat bahaya dan rentan terbakar,” katanya.

Untungnya balon udara bisa dievakuasi dengan aman. Pihaknya langsung menghubungi teknisi PLN dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul. Tidak ada kerusakan apapun maupun korban jiwa atas kejadian ini.

Perwira pertama dua balok dipundak ini menduga balon tidak berasal dari daerah Jogjakarta. Melihat tren penerbangan balon udara, dia menduga berasal dari Jawa Timur. Sigit berharap agar warga lebih bijak agar kejadian serupa tak terulang.

“Balon itu (balon udara) dimungkinkan dari Jawa Timur. Semoga ini kejadian terakhir. Sangat bahaya, kalau mendarat dan jatuh di pemukiman warga. Kalau di udara juga menganggu penerbangan. Kalau ketemu pelakunya bisa ditindak tegas,” ujarnya. (dwi/tif)

Bantul