RADAR JOGJA – Dampak Pandemi virus Korona (Covid-19) sangat terasa di semua kalangan. Ini mengundang keprihatinan Navla Syakira. Bocah tujuh tahun, warga Padukuhan Tegal Onggobayan, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul itu menyumbangkan ratusan ribu.

BANTUL, Radar Jogja –

Navla Syakira diantar sang ayah Hery Ismanto, 39, mendatangi Kantor Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul untuk menyumbangkan uang tabungan miliknya. “Ini atas kemauan sendiri,” ungkap Hery sembari melirik Navla yang tampak malu-malu.

Hery mengatakan, uang tersebut merupakan hasil menyisihkan uang jajan selama setahun. Ya, Navla memang gemar menabung. Melihat banyaknya acara televisi yang menanyangkan aksi berbagi peduli Covid-19, timbul niatan ingin memberikan tabungan yang masih tersimpan di celengan miliknya. “Yah, aku ingin berbagi uang tabunganku. Tapi kasihnya sama siapa ya yah?’’kata Hery menirukan ucapan Navla kala itu.

Melihat niat tulus Navla, akhirnya Hery mengajak anak perempuannya itu ke Kantor BPBD Bantul. Segera diserahkan celengan itu. Mereka mendapat sambutan baik. Petugas TRC BPBD bersedia menerima meski uang tabungannya itu dalam bentuk receh.

Navla saat ini sedang menginjak Sekolah SD. Hery berharap, ketulusan anaknya itu  mengakar kuat di jiwa anaknya kelak.  “Semoga bermanfaat,” ucapnya. Dia juga berharap, aksi tersebut dapat menginspirasi banyak orang. Terutama untuk anak se usia Navla, agar membiasakan diri memiliki rasa berbagi.

Anggota TRC BPBD Bantul Lasmi menerima sumbangan yang diberikan Navla. Dia merasa terharu dengan niat baik Navla. Navla ingin meringankan beban orang lain. Padahal, niat awal menabung itu untuk membeli tempat tidur tingkat. Namun, diurungkan karena merasa iba melihat banyak orang kesusahan karena Covid-19.

“Setelah dihitung, jumlah tabungannya senilai Rp 427.000. Uang ini akan diberikan kepada Satgas Covid-19 untuk ditindaklanjuti,” ungkap Lasmi. Tak menutup kemungkinkan, uang akan dimanfaatkan untuk keperluan logistik. (din)

Bantul