RADAR JOGJA – Satu orang berstatus pasien dalam pemantauan (PDP) yang dirawat di RSUD Panembahan Senopati Bantul meninggal Senin (4/5). Diketahui, pasien tersebut meninggal setelah melahirkan bayi laki-laki.

Humas RSUD Panembahan Senopati Siti Rahayu Ningsih mengatakan, pasien meninggal setelah menjalani perawatan selama sepekan. Kendati begitu, kondisi bayi pasien tersebut dalam keadaan sehat dan masih dilakukan perawatan khusus di ruang PICU.  “Kondisi bayi cukup bagus,” ungkap Siti dihubungi Senin (4/5).

Dikatakan, pasien sudah menjalani satu kali swab dan belum diketahui hasilnya. Namun, siti mengungkapkan pasien  meninggal disertai penyakit lain. Selain itu pasien juga memiliki riwayat perjalanan dari wilayah terpapar. Meski belum diketahui hasil swab, penguburan jenazah pasien tetap dilakukan secara protap Covid-19.  Dijelaskan, RSUD Panembahan Senopati merawat tiga pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dan 8 berstatus PDP.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bantul Sri Wahyu Joko Santoso mengungkapkan, pasien merupakan warga Pajangan, Bantul dan berusia 36 tahun. Sebelumnya, pasien sudah melakukan rapid test dan hasilnya negatif.  “Tapi swab-nya belum keluar,” ujar pria yang kerap disapa Dokter Oki.

Pasien dirawat berdasarkan gejala yang ditemukan di dalam tubuh pasien. Serta adanya riwayat berpergian ke daerah episentrum Covid-19.  Kemudian jenazah tersebut dimakamkan di kawasan Pajangan oleh petugas dengan mengenakan alat pelindung diri (APD) lengkap sesuai protokol pemakaman covid-19. (mel/bah)

Bantul