RADAR JOGJA – Tak hanya mengawal bantuan logistik atau menjaga kawasan perbatasan,  jajaran Polda DIJuga melakukan pemakaman pasien kasus Covid-19, Sabtu malam (25/4).

Kabid Humas Polda DIJ Kombespol Yuliyanto memastikan jajarannya siap membantu tim gugus tugas. Terkait pemakaman, pihaknya dihubungi langsung oleh keluarga untuk membantu melakukan pemakaman, sesuai standar World Health Organization (WHO).

“Kami dapat info ada warga Bantul yang keluarganya meninggal di rumah sakit kota (RSUD Wirosaban Kota Jogja), lalu meminta tolong untuk pemakaman. Langsung kami terjunkan personel malam itu juga (25/4),” jelasnya melalui sambungan telepon, Minggu (26/4).

Personel yang bertugas merupakan bagian dari Operasi Aman Nusa Dua Progo 2020. Personel ini yang ikut dalam pelatihan pemakaman jenazah Covid-19. Seluruh prosedur telah sesuai dengan standar baku protokol tertinggi.

Terkait penyebab meninggal, Kapolres Sleman medio 2016 ini menyatakan ada rekam medis bahwa pasien ini memiliki riwayat penyakit jantung.

“Kami belum mendapatkan informasi dari rumah sakit apakah almarhum terkena virus korona atau bukan. Tapi informasi dari keluarga almarhum menderita sakit jantung. Yang jelas jenazah dimakamkan dengan prosedur pemakaman Covid-19,” katanya.

Pemakaman jenazah ini berlangsung aman dan lancar. Seluruh personel melakukan tugas sesuai perannya masing-masing. Mulai dari penjemputan di rumah sakit hingga pemakaman di liang lahat. Selama prosedur, seluruh personel mengenakan alat pelindung diri (APD) lengkap.

“Pemakaman sifatnya segera sesuai standar Covid-19. Akan tetapi lokasi pemakaman di makam yang dekat dengan tempat tinggalnya, jadi bukan di makam khusus korban Korona,” ujarnya.

Tim khusus pemulasaraan jenazah Covid-19 ini terbentuk awal April. Tak hanya menangani pasien positif Covid-19 tapi juga pemakaman kepada jenazah orang dalam pemantauan (ODP) maupun pasien dalam pengawasan (PDP).

Perwira menengah tiga melati ini memastikan jajarannya siap bergerak dengan membuka layanan hotline bagi warga yang membutuhkan bantuan. Khususnya untuk pemulasaraan jenazah Covid-19.

“Polri harus siap, bila diperlukan untuk membantu saat menangani korban akibat wabah pendemik Covid-19 dan jika memerlukan bantuan pemakaman maka bisa menghubungi nomor WA 08981879886 atau menghubungi polres terdekat,” ujarnya. (dwi/tif)

Bantul