RADAR JOGJA – Tanggap Covid-19, SMK N 1 Pundong bagikan paket sembako untuk warga di sekitar sekolah. Sebanyak 350 paket sembako dibagikan di dua padukuhan. Yaitu Padukuhan Ponggang dan Menang, Desa Srihardono, Pundong.

Kepala SMK N 1 Pundong Sutapa mengatakan, kegiatan bakti sosial tersebut sebagai wujud keprihatinan sekolah terhadap warga terdampak langsung. Sebab, di tengah wabah pandemi, banyak warga yang menjalankan social distancing. Sehingga beberapa warga tidak memiliki penghasilan lantaran tidak bekerja. Ada yang di PHK, putus kontrak ataupun dirumahkan. “Kami bantu dengan penggalangan dana khusus kelas 12. Diwujudkan dalam sembako,” ungkap Sutapa di SMK N 1 Pundong, Selasa (21/4).

Paket sembako tersebut terdiri dari Beras, Gula Pasir, Kecap dan juga masker. Selain diberikan kepada warga, juga diberikan kepada Pondok Pesantren sekitar. Harapannya dapat meringankan beban kepada masyarakat terlebih mendekati Bulan Ramadhan. Kegiatan ini dilaksanakan dengan harapan, mengajak siswa meningkatkan kepedulian di tengah pandemi Covid-19.

Topo menuturkan, bakti sosial ini kali kedua dilakukan selama pandemi. Sebelumnya, sekolah membagikan masker gratis kepada 2.150 siswa. Pembagian sembako dilakukan dengan menerapkan physical distancing. Ketua RT 05 Padukuhan Monggang Mugito mengapresiasi terhadap upaya sekolah untuk membantu warga terdampak. Bantuan tersebut akan diberikan kepada warga terdampak secara ekonomi, kecuali Pegawai Negeri Sipil (PNS) ataupun Aparatur Sipil Negara (ASN). “Ada 60 KK di RT saya. Mayoritas terdampak karena bekerja sebagai buruh harian lepas,” ungkap Mugito. (mel/bah)

Bantul