RADAR JOGJA – Perkumpulan Warga Kabupaten Bantul (Warkaban) di perantauan menyerahkan bantuan alat pelindung diri (APD) ke sejumlah rumah sakit di Bantul.

APD itu merupakan hasil donasi dari anggota Warkaban yang tersebar di seluruh nusantara dan luar negeri. Bantuan pertama diserahkan ke RS UII Bantul dan diterima direktur rumah sakit tersebut Widodo Wirawan.

“APD itu kami peruntukkan bagi tenaga medis di rumah sakit dan puskesmas di Bantul,” ujar  Ketua Bidang Organisasi Warkaban Ahmad Subagyo kemarin (15/4). Saat menyerahkan bantuan APD itu, Subagyo didampingi Ketua Asosiasi Perangkat Desa Indonesia (Apdesi) Kabupaten Bantul Ani Widayani.

Subagya mengatakan,  tenaga medis di puskesmas dan tenaga pendukung lainnya seperti Babinsa dan Bhabinkamtibmas sangat memerlukan APD. Khusus di RSUD Panembahan Senopati, APD diarahkan untuk sopir ambulans.

Setelah dari RS UII Bantul, APD juga diserahkan ke RS Lapangan Covid-19 Pemkab Bantul di Bambanglipuro, puskesmas rawat inap wilayah Bantul barat dan RSUD Panembahan Senopati Bantul. Juga untuk puskesmas rawat inap di wilayah Bantul timur.

“Donasi ini sebagai bentuk empati warga Bantul di rantau yang ingat dan kangen dengan kampung halaman. Ini sekaligus wujud gotong royong menanggulangi wabah Covid- 19,” ujar mantan anggota DPRD DIJ ini.

Dikatakan, donasi itu menjadi simbol kehadiran warga di perantauan kembali ke kampung halaman. Tahun ini tidak bisa mudik karena situasi darurat. Langkah tidak mudik ini juga upaya mendukung memutus rantai penyebaran wabah virus korona.

Dalam distribusi APD ini,  Warkaban bekerja sama denga Apdesi Bantul. Dalam kesempatan itu, Ketua Apdesi Bantul Ani Widayani yang juga Lurah Desa Sumbermulyo, Bambanglipuro, Bantul  memimpin proses distribusi. Dia dibantu para korcam Apdesi di seluruh kecamatan. Tampak pula Ketua Divisi Logistik Warkaban untuk Covid- 19 Eko Wahyu.

“Distribusi terakhir dengan penyerahan APD di RSUD Panembahan Senopati Bantul dan di BPBD Bantul,” katanya.

Di sisi lain, Ketua Warkaban Pusat Didik Akhmadi  mengucapkan terima kasih kepada camat dan lurah di Bantul atas kesediaan mendampingi pendistribusian APD ke rumah sakit dan puskesmas di Bantul.

Didik  juga mengimbau  pengurus dan anggota paguyuban Warkaban maupun masyarakat Bantul di mana pun berada untuk terus melanjutkan kegiatan gotong royong dan rasa sepenanggungan. Ini demi meningkatkan rasa kepedulian sosial pada hari-hari ini maupun pada hari mendatang.

“Wabah korona  telah menimbulkan dampak sosial kemasyaratan yang cukup berat. Dan, tentu membutuhkan saling kerja sama dari berbagai pihak untuk menanggulanginya,” pintanya. (kus/ila)

Bantul