Radar Jogja – Memeriahkan hari kemerdekaan ke -74 RI, Simphony Kerontjong Moeda bersama Dinas Pariwisata DIY menggelar Keroncong Kemerdekaan di Sangkring Art Space Ngestihrjo Kasihan Bantul  (24/8). Dimeriahkan berbagai acara menarik seperti perlombaan bernuansa kemerdekaan, musik keroncong, dan talkshow.

Acara talkshow dipandu MC Mukti menghadirkan narasumber Kabid Destinasi Wisata Dinas Pariwisata DIY Arya Nugrahadi, Citra dan Gandi dari Keroncong Plesiran. Dalam talkshow tersebut dibahas tentang penyelenggaraan event Keroncong Plesiran#3 yang akan dilaksanakan di panggung terbuka Nglanggeran Gunungkidul 14 September  mendatang. “Keroncong Plesiran#3 menghadirkan Simphony Kerontjong Moeda, Pusakata, Bagus Guyon Waton, Yanto Marapu, Egha Latoya, Tami Aulia, Paksi Raras Alit, Oki Kumala Sari, dan seniman lainnya,” jelas Gandi selaku Keroncong Plesiran.

Ditambahkan, kapasitas penonton di panggung terbuka Nglanggeran bisa menampung 3.500 penonton dan menghadirkan grup musik keroncong asli, keroncong modern, hingga keroncong format orkestra dengan kemasan generasi millenial yang spektakuler.

Arya Nugrahadi menjelaskan, Keroncong Plesiran selalu hadir di tempat-tempat wisata karena tujuan plesiran adalah ke tempat wisata.  “Nantinya rangkaian acara Keroncong Plesiran#3 dikemas dengan kreativitas seni mengajak Simphony Keroncong Plesiran menjadi bagian dari substansi kepariwisataan dengan menyuguhkan musik-musik keroncong generasi milenial sebagai bagian dari daya tarik wisata,” paparnya

Arya berharap event ini mampu memberikan hiburan, dapat mengobati rasa rindu terhadap musik keroncong sekaligus sebagai daya tarik wisatawan untuk datang ke Nglanggeran. Selain talkshow, acara dimeriahkan untuk peringatan kemerdekaan juga dilaksanakan dan para penonton diajak untuk mengikuti berbagai perlombaan seperti makan kerupuk dan estafet memasukkan karet gelang dalam botol. (*/a1/pra/tif)

Bantul