BANTUL – Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul bersama dengan Polres dan Satpol PP setempat melakukan ramp check atau pengecekan kendaraan di Terminal Palbapang Selasa (21/5). Itu untuk memastikan bahwa seluruh angkutan Lebaran layak sekaligus laik beroperasi.

Kepala Dishub Bantul Aris Suharyanta mengatakan, ramp check merupakan agenda rutin. Terutama menjelang Lebaran dan tahun baru. Itu untuk memberikan keamanan dan kenyamanan penumpang.

”Ini juga untuk mengantisipasi berbagai hal yang tak diinginkan,” jelas Aris di sela ramp check.

Pengecekan kendaraan ini meliputi dua aspek. Yakni, fisik dan surat kendaraan. Aspek fisik, antara lain, meliputi ban, rem, lampu, dan kaca spion. Seluruhnya berkaitan dengan standar keamanan. Sedangkan aspek surat kendaraan meliputi berbagai dokumen. Di antaranya, uji kir.

”Kalau kami menemukan ada yang tidak layak, seperti lampu mati, kami akan merekomendasikan untuk diperbaiki,” ucapnya.

Selain bus di Terminal Palbapang, dishub juga melakukan ramp check angkutan umum di persewaan kendaraan Gresika dan Pantai Parangtritis.

Khusus ramp check jip wisata di Pantai Parangtritis, Aris menyebut mendapatkan beberapa temuan. Mayoritas jip wisata tak dilengkapi dengan sabuk pengaman dan helm. Kendati begitu, hingga sekarang dishub belum melakukan penindakan.

”Kami baru melakukan pendekatan dan sosialisasi. Jadi tidak langsung frontal,” dalihnya.

Dari hasil ramp check diketahui, bus angkutan Lebaran di Terminal Palbapang layak sekaligus laik beroperasi. Sirojan, seorang sopir bus mengaku armada yang dikemudikannya keluaran 2014. Bus milik Perusahaan Otobus Murni Jaya itu melayani trayek Jogja-Jakarta. Pulang pergi.

”Biasanya yang sering rusak rem. Tapi sudah diperbaiki,” katanya. (cr5/zam/zl)

Bantul