BANTUL – General Manager PT Angkasa Pura (AP) I Bandara Internasional Adisutjipto Agus Pandu Purnama memastikan, ada 22 extra flight yang dipersiapkan untuk arus mudik dan balik Lebaran. Extra flight dari Air Asia, Lion Air, Sriwijaya Air, dan Express Air, itu melayani berbagai rute. Yakni, Jakarta, Bali, Balikpapan, Makassar, Samarinda, dan Pontianak.

”Usulannya di jam pagi hingga malam,” jelas Agus di sela buka puasa bersama PT AP I di Omah Dhuwur Selasa (21/5).

Kendati begitu, Agus menyebutkan, tidak semua extra flight itu berangkat atau tiba di Yogyakarta International Airport (YIA). Berdasar peraturan pemerintah pusat, YIA hanya beroperasi saat jam kerja. Alias mulai pukul 06.00 hingga pukul 18.00. Dengan begitu, YIA hanya melayani 13 extra flight.

”Sembilan tambahan penerbangan lainnya melalui Bandara Internasional Adisutjipto,” ucapnya.

Selain extra flight, PT AP I juga melakukan berbagai persiapan menjelang arus mudik Lebaran. Di antaranya dengan membuka posko Lebaran di Bandara Internasional Adisutjipto dan YIA. Posko yang akan beroperasi mulai 29 Mei-13 Juni ini untuk menunjang keamanan penumpang.

”Dengan melibatkan berbagai pihak. Seperti kepolisian, TNI AU, Basarnas, hingga BMKG,” katanya.

Menurutnya, posko Lebaran di Bandara Internasional Adisutjipto berada di terminal A dan B. Sedangkan di YIA terletak di lobi keberangkatan domestik. (cr6/zam/zl)

Bantul