BANTUL – Polda DIJ melakukan pengecekan proses rekapitulasi tingkat kecamatan. Mereka menyambangi beberapa PPK untuk memastikan keamanan di masing-masing wilayah. Salah satunya ke Banguntapan, Bantul, belum lama ini, Kamis (2/5).

Kabid Humas  Polda DIJ AKBP Yulianto menuturkan, para penyelenggara Pemilu memang sudah bekerja cukup keras untuk mewujudkan Pemilu yang berintegritas. Dia mengapresiasi kinerja para petugas PPK, saksi, serta jajaran keamanan seperti kepolisian dan linmas. Dia juga berharap dalam proses penghitungan di tingkat kecamatan maupun kabupaten bisa berjalan lancar.

Sementara itu, rekapitulasi tingkat kecamatan merupakan proses verifikasi penghitungan suara, sebelum diserahkan ke KPU untuk dilakukan rekapitulasi tingkat Kabupaten. Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan Banguntapan Suwarno mengatakan, pada penyelenggaraan rekapitulasi tingkat kecamatan ini dapat dikatakan lancar.

Namun dalam prosesnya, lanjut Suwarno, tahapan penghitungan memang tidak bisa luput dari protes, baik dari saksi dari salah satu partai maupun calon. Kendati demikian, Suwarno mengaku dalam proses rekapitulasi ada solusi dari masalah tersebut.

”Terkadang harus dibuka lagi surat suaranya agar para saksi bisa percaya. Lalu dicocokkan kembali dengan C1,” ujaranya saat ditemui di Kantor Lurah Jambidan. (cr5/ila)

Bantul