BANTUL – Peningkatan kualitas kesehatan terus ditingkatkan Pemerintah Provinsi DIY. Salah satu programnya adalah sosialisasi Germas (Gerakan Masyarakat Sehat) di seluruh daerah, termasuk Bantul.

Rabu (10/4), sosialisasi Germas digelar di Dusun Genengan, Desa Potorono, Banguntapan, Bantul oleh Dinas Kesehatan DIY. Acara membahas pentingnya olahraga dan mengurangi kebiasaan merokok.

Hadir sebagai narasumber, Kepala Seksi Surveillance dan Imunisasi Dinas Kesehatan DIY, Trisno Agung Wibowo. Dia mengatakan, kebiasaan malas berolahraga dan merokok masih menjadi penyebab kematian pertama di DIY.

Dia meminta masyarakat mulai melakukan Germas. Germas adalah gerakan yang diinisiasi masyarakat dalam rangka peningkatan kualitas kesehatan.

Trisno mengatakan, apa saja tahapan dalam Germas. Di antaranya melakukan kegiatan fisik, peningkatan perilaku hidup sehat, penyedian pangan bergizi, pencegahan penyakit, dan menjaga lingkungan bersih.

Menurut Trisno, dengan melakukan langkah tersebut, akan meningkatkan kualitas hidup. “Kalau kesehatan terjaga, warga akan produktif. Biaya berobat berkurang,” ujar Trisno.

Turut hadir Kepala Dusun Genengan, Atik Mudawamah. Dia berterima kasih kepada Dinas Kesehatan DIY yang menggelar sosialiasi Germas di dusunnya.

Sosialisasi tersebut membuat masyarakat sadar pentingnya menjaga kesehatan. Sehingga jumlah jumlah warga yang sakit bisa dikurangi. Penyakit bisa dicegah.

“Akhir-akhir ini, banyak warga kami yang terjangkit demam berdarah. Dengan sosialisasi ini, semoga masyarakat sadar menjaga lingkungan dan kesehatan,” kata Atik. (*/cr5/iwa/fj)

Bantul