BANTUL – Paguyuban Abdi Dalem Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat Kabupaten Bantul baru-baru ini menggelar pentas ketoprak. Kegiatan itu diadakan di Balai Desa Murtigading, Sanden, Bantul pada Jumat (29/3) malam. Acara berlangsung mulai pukul 20.00 hingga 24.00.

“Sambutan masyarakat luar biasa karena pentasnya dilakukan di pendapa balai desa,” ujar Ketua Paguyuban Abdi Dalem Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat Kabupaten Bantul Kanjeng Mas Tumenggung (KMT) Projosuwasono Rabu (3/4). Penonton yang menyaksikan pentas itu meluber. Mereka menonton dari awal hingga pertunjukan berakhir.

Pagelaran ketoprak abdi dalem ini mendapatkan dukungan Dinas Pariwisata DIY. Mengangkat lakon Jumenengan Adipati Anom ing Negari Purwacarita. Kisah tersebut bertutur tentang penobatan putra mahkota atau suksesi di Kerajaan Purwacarita. “Ikut terlibat mendukung pentas itu seniman dan seniwati dari Kabupaten Bantul,” jelasnya.

Suasana pentas bertambah gayeng dengan hadirnya Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Purbodiningrat. Dia adalah suami Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Maduretno, putri ketiga Sultan Hamengku Buwono X dan GKR Hemas.

Setelah pentas ketoprak di Murtigading itu, Paguyuban Abdi Dalem Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat Kabupaten Bantul bakal menggelar kegiatan budaya lainnya. Yakni macapat di Pendapa Dusun Pedes, Argomulyo, Sedayu, Bantul. Macapat diadakan pada Minggu (7/4) mulai pukul 13.00.

“Kami harapkan masyarakat bisa berpartisipasi,” ajaknya. (kus/mg3)

Bantul