BANTUL – Ajakan hidup bersih dan sehat disampaikan Anggota Komisi D DPRD DIY Yoserizal. Dia menyampaikan itu saat sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang diinisiasi Dinas Kesehatan DIY di Balai Desa Jatimulyo, Dlingo, Bantul, Rabu(13/3).

“Kita harus sehat baik jasmani maupun rohani. Dengan sehat fisik kita bisa beraktivitas dengan baik,” ungkap Yose di depan ratusan warga Desa Jatimulyo.
Dikatakan, Kampanye Germas sesungguhnya telah dimulai sejak 2016 lalu.

Dengan Germas, masyarakat diajak hidup sehat. Bentuknya dengan membiasakan diri melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari, makan buah dan sayuran, tidak merokok dan mengecek kesehatan secara rutin.“Hidup sehat harus dimulai dari lingkungan terkecil yakni keluarga,” katanya.

Setelah keluarga, pola hidup sehat harus dilakukan di lingkungan sekitar. Misalnya jangan membiasakan membuang sampah sembarangan. Menjaga pola hidup sehat juga dilakukan melalui pola makan. “Cegahlah sakit sebelum mengobati. Badan sakit akan membuat pikiran kita juga sakit,” ingat Yose.

Kampanye Germas itu mendapatkan sambutan hangat masyarakat. Lurah Desa Jatimulyo Gunarto mengapresiasi ajakan yang diinisiasi Dinas Kesehatan DIY tersebut. Dia mengajak warganya berpartisipasi mewujudkan Germas. “Harus dimulai dari sekarang. Hidup selalu sehat menjadi cita-cita semua orang,” ungkap dia.

Sosialisasi Germas juga dihadiri Wakil Ketua DPRD DIY Arif Noor Hartanto. Dia mengingatkan, tren penyakit sekarang adalah penyakit tidak menular (PTM). Contohnya seperti jantung, stroke, hipertensi, kencing manis dan lain-lain. “PTM diawali dari pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat,” kata Inung sapaan akrabnya.

PTM itu, lanjut Inung, sapaan akrabnya, dapat dicegah dengan membiasakan pola hidup sehat. Itu semua senapas sosialiasi Germas yang secara intensif diadakan Dinas Kesehatan DIY. (kus/mg3)

Bantul