BANTUL – BPAD DIY konsisten dan gencar menumbuhkan minat baca masyarakat. Tak terkecuali pada kalangan ibu rumah tangga. Sebab, persebaran informasi saat ini kian masif. Kondisi ini menyebabkan ibu rumah tangga sulit untuk membedakan antara kabar yang benar dan informasi hoax.

”Kami mengajak para ibu agar tidak sekadar membaca informasi yang belum tentu kebenarannya. Ayo membaca. Itu kuncinya,” pesan Anggota Komisi D DPRD DIJ Danang Wahyu Broto usai mengisi materi Road Show Minat Baca di Balai Desa Timbulharjo Jumat (16/11).

Menurutnya, ibu rumah tangga merupakan aset bangsa. Mereka adalah yang melahirkan generasi bangsa. Dengan begitu, mereka harus dilindungi dari berbagai dampak buruk informasi hoax. Caranya dengan meningkatkan minat baca.

”Sehingga kami mendukung penuh kegiatan ini. Bahkan, intensitas kegiatan ini perlu ditambah tahun depan,” ucapnya.

Ada beberapa program lain yang digagas BPAD DIY untuk mencerdaskan masyarakat. Antara lain bedah buku. Dalam kegiatan ini masyarakat diarahkan untuk mengenal buku secara mendalam.

Politikus Partai Gerindra ini optimistis berbagai program BPAD DIY mampu menjadi awal peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusip) Bantul Agus Sulistiyanta mengatakan, upaya menumbuhkan generasi literat butuh proses yang panjang. Namun, generasi ini harus ditumbuhkan. Dengan berbagai strategi. Seperti melibatkan masyarakat.

Di Kabupaten Bantul, menurut Agus, keterlibatan masyarakat dalam meningkatkan minat baca telah berjalan. Praktiknya, masyarakat tidak sekadar membangun dan meningkatkan fungsi perpustakaan. Lebih dari itu, mereka juga andil menyiapkan referensi yang sesuai dengan kebutuhan zaman.

”Nama programnya Operasi Malam Bali (optimalisasi peran masyarakat dalam mewujudkan Bantul literasi,” katanya.

Upaya lain yang dilakukan, menurut Agus, dinas juga gencar mendirikan pojok baca. Pada 2017, misalnya, dinas membangun tiga pojok baca. Dilanjut dengan sepuluh pojok baca pada 2018.

”Targetnya setiap dusun di Bantul punya komunitas pojok baca,” tambahnya. (ega/zam/by/mg3)

Bantul