RADARJOGJA.CO.ID Forum Pewarta Bantul (FPB) memunyai cara lain menyambut Hari Pers Nasional (HPN) yang jatuh pada hari ini. Rabu kemarin (8/2) forum yang menjadi wadah awak media di Bumi Projotamansari menggelar bakti sosial di RT 06 Dusun Cepoko, Sumbermulyo, Bambanglipuro. Persisnya di rumah Aris Nugroho, salah seorang penderita hidrosefalus.

Ketua FPB Santoso Suparman mengungkapkan, aksi ini sebagai salah satu bentuk kepedulian kepada sesama. Selain silaturahmi, FPB juga memberikan tali asih kepada orang tua penderita penyakit yang menyerang organ otak ini.

“Tahun lalu kami juga bakti sosial kepada pengayuh becak,” jelas Santos, sapaan akrabnya, Rabu (8/2).

Paijem, ibu Aris Nugroho menyambut baik silaturahmi rombongan FPB. Ibu satu anak ini seolah merasa mendapat suntikan moral. “Selama ini juga tinggal di rumah saudara,” ujar perempuan yang menderita kelainan di bagian matanya ini.

Paijem bercerita anak semata wayangnya lahir 10 September 2000. Saat lahir, kondisi anaknya normal seperti bayi pada umumnya. Tanda-tanda kelainan mulai tampak begitu Aris menginjak usia tujuh bulan. Setelah menderita sakit panas, muncul benjolan di kepala Aris. Lama-lama benjolan ini membesar. “Sampai usianya 17 tahun sekarang,” tuturnya.

Selama ini, lanjut Paijem, Aris menjalani terapi di RS Panti Rapih seminggu sekali. Dengan menggunakan jaminan kesehatan nasional, Badan Penyelenggara Jaminan Ssosial (BPJS). Selama terapi ini pula, Paijem mengantar sendiri anaknya dengan naik taksi. “Saya gendong sendiri,” sambungnya.

Paijem begitu menyayangi anaknya itu. Seluruh aktivitas Aris seperti mandi, makan, hingga tidur tak lepas dari sentuhan Paijem

Selain mengunjungi Aris, anggota FPB melakukan aksi cabut paku di pepohonan perindang, serta ziarah ke makam almarhum Fuad Muhammad Syafruddin alias Udin. “Puncaknya ziarah ke makam Udin besuk (hari ini),” lanjutnya. (zam/mar)

Bantul