alexametrics

Bisa Terpapar Covid-19 Dua Kali

Sudah dinyatakan sembuh dari paparan Covid-19, bukan berarti tak bisa lagi tertular. Mesin polymerase chain reaction (PCR) tidak dapat membedakan virus Covid-19 sudah mati atau masih hidup.

Bripka Tri Asih Pembudidaya Nanas Bagong

Kesibukan Bripka Tri Asih menjadi polwan tak mengurangi niatnya untuk berkebun. Kini dia sukses mengembangkan nanas bagong di rumanya. Dia pun kerap berbagi pengalaman menanam nanas bangong.

Yang Kerja Sedikit, Yang Jajan Berkurang

Kebijakan pengetatan secara terbatas kegiatan masyarakat (PTKM) dirasakan oleh pelaku usaha kuliner. Omzet menurun karena pekerja menerapkan work form home (WFH). Selain itu, pembatasan operasional objek wisata (obwis) juga menurunkan pendapatan pelaku usaha kuliner di sekitarnya.

Harus Menumpang di Kalurahan Lain

Tidak tersedianya shelter di seluruh kalurahan, membuat pasien harus mengungsi ke kalurahan lain. Salah satunya yang dirasakan oleh pria 65 tahun, sebut saja Djoko. Kalurahan asal tempat tinggalnya belum dapat menyediakan shelter. Beruntung salah satu kalurahan bersedia menampungnya.“Fasilitas di sini lengkap,” ujarnya saat dihubungi Radar Jogja kemarin (19/1).

Sulit Realisasi karena Terhambat Anggaran

Kebijakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul agar kalurahan menyediakan shelter disambut baik. Mengingat tujuannya, untuk mengendalikan dan memutus rantai penyebaran Covid-19.

Kedua Pihak Klaim Kebenaran, Terkait Sengketa Tambang Pasir

Puluhan warga Padukuhan Nengahan-Srandakan Bantul menghadiri sidang gugatan terbitnya ijin operasi produksi pertambangan yang dikeluarkan Dinas Perijinan dan Penanaman Modal (DPPM)  DIJ di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN)  Jogjakarta, Kamis (21/1).

Shelter Harus Ada di Setiap Perusahaan

Pemkab Bantul mengimbau setiap perusahaan menyediakan shelter isolasi bagi penderita Covid-19. Hal itu dilakukan untuk mengatasi semakain terbatasnya shelter yang ada di Bantul. “Kami sudah menandatangani, perusahaan untuk diminta menyediakan shelter bagi pegawai atau karyawan yang terpapar Covid-19,” sebut Sekretaris Daerah (Sekda) Bantul Helmi.

Mulai Rasakan Penurunan Pendapatan

Pendapat daerah dari sektor pariwisata di Bantul terjun bebas. Hal itu imbas dari penerapan pengetatan secara terbatas kegiatan masyarakat (PTKM) yang akan dilakukan hingga 25 Januari mendatang.
Sekretaris Dinas Pariwisata (Dinpar) Bantul Annihayah sejak 11-17 Januari,

Tak Semua Yang Positif Dirawat di Shelter

Seiring penambahan kasus, shelter untuk pasien terkonfirmasi Covid-19 terus ditambah Pemkab Bantul. Yang terbaru dengan mengaktifkan shelter di RS Patmasuri.

Tutup Lagi, Kali Ini karena Buldoser Rusak

Seperti sudah diduga, TPST Piyungan akan sering ditutup kembali. Kali ini bukan oleh warga. Tapi karena alat milik pengelola yang dapat diandalkan hanya satu ekskavator. Sementara tiga buldoser rusak, setelah tidak kuat dipaksa bekerja keras mendorong sampah basah.

Mobil Pelat Pati Ditolak saat Berkunjung ke DPRD Bantul

Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa-Bali ternyata dilanggar. Terbukti kendaraan dengan pelat asal Pati, Jawa Tengah terparkir di gedung DPRD Bantul. Namun, kedatangan yang dianggap tanpa pemberitahuan itu ditolak.

Peras PNS, Wartawan Gadungan Digulung

Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor (Satreskrim Polres) Bantul menangkap komplotan tiga wartawan gadungan. Mereka yakni PH, 48; BSM, 46; dan SPS, 52. Mereka ditangkap atas dugaan pemerasan terhadap seorang PNS di wilayah Sumbermulyo, Bambanglipuro, Bantul.

Belajar Tentang Perjalanan pada Tenun

Jadin C Djamaludin merayakan 45 tahun berkiprah dalam industri tekstil. Pria 73 tahun itu pun menggelar pameran bertajuk “Tekstil Tradisional Indonesia Instrumen Pertahanan Budaya Nasional”. Unggulannya, adalah rami.

Pasien Belum Keluar, Sudah Ada Daftar Tunggu

Idealnya, rumah sakit rujukan Covid-19 maksimal terisi 75 persen, dari total tempat tidur (TT) yang tersedia. Tapi, TT RS rujukan Covid-19 di Bumi Projotamansari hampir selalu penuh 100 persen.

RS di Bantul Sampai Menutup Layanan IGD

Rumah sakit rujukan Covid-19 di Kabupaten Bantul penuh. Beberapa rumah sakit sampai harus menutup instalasi gawat darurat (IGD). Setelah menerima pasien dengan gejala atau diduga terindikasi terpapar virus korona. Kekurangan ruang isolasi membutuhkan waktu setelah dekontaminasi.

Penambangan Liar Berhenti bila Jembatan Dibangun

Pembangunan Kretek II belum dikerjakan. Warga justru memanfaatkan lokasi sekitarnya untuk ditambang. Beberapa penambang merupakan nelayan setempat. Tapi Pemkab Bantul tak bisa menghentikan penambangan ilegal tersebut.

TPST Piyungan Bisa Ditutup Lagi

Sistem pengelolaan sampah TPST Piyungan mendapat kritik. Lantaran sistemnya hanya ditumpuk atau ditimbun. Jika tidak ada perbaikan secara menyeluruh bukan tak mungkin warga sekitar kembali menutup jalan masuk.