Radar Jogja – Setelah sukses dengan Jogja Singing Competition (JSC) 1, untuk kedua kalinya PT Hadeka Swasembada Jaya, melalui Klinik Gigi Dentes bekerjasama dengan Hartono Mall menggelar JSC 2, Sabtu-Minggu (17-18/8). Jika dalam JSC 1 lagu wajib adalah “Indonesia Jaya”, kali ini 114 Peserta yang berasal dari Jateng DIY membawakan lagu ciptaan drg Handoko Setiawan Susilo SpOrt yang berjudul “Negeri Cinta” dan “Kembali ke Ajaran Bunda”.

Kecintaan kepada genre lagu anak dan nasionalisme dan patriotisme, menggugah Direktur PT Hadeka Swasembada Jaya ini untuk menciptakan lagu dengan tema tersebut.  Menurut drg Handoko Setiawan Susilo SpOrt, kegiatan ini bertujuan untuk mengapresiasi seni dan budaya. Perlombaan Menyanyi yang bertepatan dengan perayaan HUT RI ke-74 ini bertujuan untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme dan patriotisme, guna lebih memupuk kecintaan terhadap negara dan tanah air melalui lagu.

“Peserta wajib mengenakan pakaian bertema nasionalisme dan patriotisme atau nusantara, sesuai dengan tema kompetisi ini “Mencintai Indonesia Melalui Lagu”. Kedua lagu memang khusus diciptakan untuk JSC jilid 2,” ujarnya di Klinik Gigi Dentes, di Jalan Monjali No.91A, Jogja, kemarin (29/8).

Harapan drg Handoko pesan yang terkandung dalam lagu ini bisa tersampaikan kepada masyarakat. “Kepada para pemenang, tetap giat dalam mengapresiasi kesenian, karena itu melatih kepekaan rasa dan mengembangkan kesenian itu sendiri,” ungkap dokter gigi pecinta batik ini.

Ketua Panitia JSC 2 Wiwik Santoso menjelaskan, kompetisi terbagi ke dalam kategori usia 4-8 tahun (A) Juara 1 Meinada Surya Suci, usia 8-12 tahun (B) Juara 1 Naura Syauqi Athaya, dan usia diatas 12 tahun (Umum) Juara 1 Keysha Diva Azzahra. Turut digelar Fashion Show bertema batik karya Apip’s Batik, Hamzah Batik, Batik Nakula Sadewa, dan Tenun Phillip Iswardono. “Dewan juri adalah drg Handoko, Pemerhati Seni dan Budaya Ahmad Tohari, Produser Lagu Yunan Helmi, Musisi dan Pakar Olah Vokal Livy Lauren, Anita Siswanto, Andreean Runianto, dan Bidara Silsi Anjani,” jelasnya. (*/pra/tif)

ADV