RADAR JOGJA – Sebanyak empat cabang olahraga (cabor) di DIJ menerima bantuan alat pelindung diri (APD) dari Asisten Deputi Peningkatan Tenaga dan Organisasi Keolahragaan, Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI). Keempat cabor tersebut di antaranya Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI), Persaudaraan Shorinji Kempo Indonesia (PERKEMI), Persatuan Rugby Union Indonesia (PRUI), dan Persatuan Baseball dan Softball Seluruh Indonesia (PERBASASI).

Bantuan diserahkan melalui Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DIJ di kantor KONI DIJ pada Selasa (15/9). Adapun bantuan berjumlah 64 paket itu meliputi masker, handsanitizer, dan vitamin yang di dalamnya berisi 30 butir. “Bantuan APD ini dari Kemenpora ada beberapa yang kami ajukan untuk atlet, pelatih, wasit, dan tenaga pendukung keolahragaan. Yang sementara ini baru disampaikan untuk tenaga pendukung, pelatih dan wasit,” ujar Wakil Ketua II KONI DIJ Rumpis Agus Sudarko.

Pemberian APD tersebut sesuai dengan pengajuan pembaharuan data yang dilayangkan oleh pengda cabor kepada KONI DIJ. Dari 64 paket ini terbagi menjadi beberapa paket. Yaitu delapan paket untuk IKASI, 12 paket untuk PRUI, 19 paket untuk PERKEMI, dan 25 paket untuk PERBASASI. “Dari Kemenpora beda-beda bantuan yang diberikan, yang kali ini lewat Asdep Tenor. Kalau atlet nanti dari Asdep yang lainnya, sehingga itu mengapa yang atlet belum menerima,” jelas Rumpis.

Lebih lanjut, Dekan Senior Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ini mengatakan bahwa pemberitahuan dan permohonan pembaharuan data juga baru disampaikan belum lama ini. Hanya, dinwaktu bersamaam pada 10-13 September 2020 Asisten Deputi PeningkatanTenaga dan Organisasi Keolahragaan, Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Kemenpora RI, mengadakan kegiatan pelatihan di Jogjakarta. Sehingga sekaligus membawa bantuan paket APD tersebut. “Belum tahu ada lagi atau tidak. Yang pasti pendaftaran sudah ditutup, begitu pula dengan atlet. Hanya untuk atlet memang belum,” beber Rumpis.

Sementara itu, Bidang Kepelatihan Pengda Cabor IKASI DIJ Martha Hertiningrum mengucapkan terima kasih kepada KONI DIJ dan Kemenpora atas bantuan yang diberikan. Menurutnya bantuan itu dinilai sangat membantu pelatih, wasit, dan tenaga pendukung keolahragaan di tengah pandemi Covid-19. Terlebih lagi, APD tersebut baru kali pertama diberikan oleh Asisten Deputi PeningkatanTenaga dan Organisasi Keolahragaan, Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Kemenpora RI. “Semoga adanya bantuan ini bisa lebih safety lagi dan membantu pada saat pelatihan, olahraga tetap berjalan. Semoga tetap berprestasi dan pandemi cepat berlalu,” kata Martha. (ard/pra)