RADAR JOGJA – Sejumlah pengendara kendaraan bremotor dari arah selatan terjaring razia masker di depan Polres Bantul, Jalan Jenderal Sudirman, Bantul, Selasa (15/9). Razia masker tersebut digelar oleh tim gabungan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Polres Bantul, dan Kodim 0729 Bantul. Para pelanggar protokol kesehatan Covid-19 ini didata dan dikenai sanksi push up, menghafal Pancasila, dan membersihkan tempat umum.

Kepal Satpol PP Bantul Yulius Suharta menjelaskan, razia masker tersebut dalam rangka operasi patuh protokol kesehatan Covid-19. Kegiatan ini akan terus dilakukan secara berkala. Sesuai Peraturan Bupati Nomor 79 Tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19.

“Tadi ada yang disuruh mengucapkan Pancasila di hadapan pak Kapolres, ada yang disuruh push up,” jelas mantan Camat Pajangan ini.

Pihaknya masih mendata jumlah pelanggar yang terjaring razia. Data tersebut sebagai bukti jika pelanggar terjaring razia lagi, maka diberlakukan sanksi administratif berupa denda Rp 100.000. Hingga saat ini dia mengaku belum menerapkan sanksi denda, melainkan sanksi sosial.

“Sekarang ini masih dalam proses Adaptasi Kebiasaan Baru. Masyarakat boleh beraktivitas, tapi jangan melanggar protokol kesehatan,” ujar Yulius. (sky/tif)