RADAR JOGJA – Warga Pringombo B Rt 15/04, Pringombo, Rongkop mendadak gempar. Gara-garanya, tempat tinggal salah seorang warga di tempat itu dilalap si jago merah. Titik api berasal dari gurem atau kutu ayam,  yang dibakar pemilik rumah.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gunungkidul, Edy Basuki mengatakan, peristiwa kebakaran berlangsung Senin (31/8) pagi. Korbannya Sinem, 80. “Kejadian kebakaran pukul 7.10,” kata Edy Basuki, Senin (31/8).

Berdasarkan laporan yang diterima dari korban, si jago merah muncul dari gurem yang dibakar oleh korban. Karena usia lanjut, korban pergi begitu saja setelah melihat gurem lenyap. Dia tidak  memperhatikan ternyata ada sisa api.”Sisa api membakar kandang ayam, membesar dan membakar rumah bagian dapur berbentuk limasan,” ungkapnya.

Tidak lama berselang api berhasil dipadamkan dan tidak merembet ke bangunan lain. Meski hanya dengan peralatan manual, menggunakan ember dan lainnya titik api bisa dipadamkan secara bersama-sama.”Kerugian akibat kebakaran ditaksir mencapai Rp 15 juta,” ucapnya.

Sementara itu, seorang saksi Supriyanto bersama anaknya yang kebetulan tetangga korban mengaku melihat api sudah dalam kondisi membesar. Mereka berteriak minta pertolongan. Upaya memadamkan api membuahkan hasil. “Tidak merembet kemana-mana,” kata Supriyanto. (gun/pra)