RADAR JOGJA – Guna membangkitkan gairah wisata di masa pandemi, Pembkab Magelang berencana kembali membuka objek wisata (obwis). Langkah awal, Pemkab berencana membuka wisata alam.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Kadisporapar) Kabupaten Magelang Iwan Setiarso menjelaskan, pihaknya memprioritaskan pembukaan wisata alam karena minim risiko. “Kalau di dalam ruangan tingkat risikonya tinggi,” jelasnya saat dihubungi Kamis (13/8).

Sejauh ini sudah ada 30 obyek wisata yang sudah mendapat izin untuk dibuka. Sebagian besar merupakan wisata alam. Mereka sebelumnya telah melakukan sebanyak dua kali simulasi. Setelah itu, berbagai sarana dan prasarana untuk mendukung penerapan protokol kesehatan juga telah dipenuhi.Total saat ini ada 210 obyek wisata yang tersebar di Kabupaten Magelang.

Pihaknya memang sengaja tidak mendorong semua untuk buka. Sebab, permintaan wisata sampai saat ini masih belum dapat kembali seperti semula.“Kalau lihat trennya, pengunjung sudah mulai ada. Cuma memang jumlahnya belum banyak. Kapasitasnya sebagian besar belum terpenuhi,” jelasnya.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 membatasi jumlah kunjungan maksimal 50 persen dari kapasitas aslinya. Namun, obyek wisata yang saat ini mulai dibuka jumlah kunjungan hanya sampai 20-25 persen saja.

“Beberapa daya tarik wisata di hari Sabtu dan Minggu sudah mulai banyak dikunjungi, dibanding hari biasa. Seperti Ketep Pass saja baru kapasitasnya 20 persen, Candi Borobudur baru 25 persen,” jelasnya. (asa/bah)