RADAR JOGJA – Kasus meninggal akibat Covid-19 di Kabupaten Purworejo bertambah 3 orang. Sejak ditemukan kasus hingga hari ini, Sabtu (8/8) total ada 5 orang. Selain itu, ada juga 1 orang probable yang meninggal, sehingga total ada 2 orang.

Informasi tersebut disampaikan Juru Bicara Protokol Covid-19 Kabupaten Purworejo dr Tolkha Amaruddin Sp THT KL. “Mereka yang meninggal berasal dari Kecamatan Bayan, Kutoarjo, dan Purworejo. Dua orang di antaranya sudah berusia lanjut yakni berusia 70 tahun dan 85 tahun, 1 orang dengan komorbid stroke dan 1 orang komorbid DM,” ungkapnya.

Selain itu dr Tolkha juga menginformasik, per Jumat (7/8) ada penambahan positif 6 orang, terdiri dari 5 orang dirawat dan 1 orang isolasi mandiri. “Mereka berasal dari Kecamatan Banyuurip 2 orang, serta dari Kecamatan Purworejo, Bayan, Loano dan Ngombol masing-masing 1 orang,” jelasnya.

Dengan demikian jumlah pasien terkonfirmasi Covid-19 saat ini sebanyak 215 orang. Dengan rincian 7 orang dirawat, 32 orang isolasi mandiri, 5 orang meninggal dan 171 orang selesai isolasi/sembuh. Sedangkan total swab ada 1822 orang, swab negatif 1511 orang, dan menunggu hasil swab 98 orang.

Terkait dengan meningkatnya jumlah pasien yang dirawat dan meninggal, dr Tolkha melihat ada kecenderungan masyarakat semakin abai. Sebab, terbiasa dengan kondisi seperti ini. “Karena itu kami tak bosan-bosannya mengingatkan agar masyarakat tidak menganggap enteng Covid-19, dengan terus menerapkan protokol kesehatan secara sungguh-sungguh,” harapnya. (udi/ila)