RADAR JOGJA – Kader Gerindra Danang Wicaksana Sulistya (DWS) resmi diusung empat partai untuk maju sebagai bakal calon Bupati Sleman. Sedangkan untuk nama calon pendamping DWS, sebagai bakal calon Wakil Bupati Sleman masih akan dibahas pada agenda selanjutnya.

Ketua DPC Gerindra Sleman Sukaptana menjelaskan, proses seleksi nama yang akan diajukan oleh masing-masing partai pengusung akan dilakukan secara musyawarah dan tidak ada voting. Untuk empat partai yang sudah berkoalisi adalah Partai Gerindra, PKB, Golkar dan PPP.

Menurut Sukaptana, empat partai sudah sepakat dengan legalitas tandatangan dan cap basah untuk mendukung DWS. Keputusan itu tertuang dalam nota yang ditandatangani bersama oleh Ketua DPC Gerindra Sukaptana, Ketua DPD Partai Golkar Sleman Janu Ismadi, Sekretaris DPC PKB Tri Nugroho, dan Dispilkada DPW PPP DIJ Yusron. “Rabu malam, empat partai sudah terkunci,” jelas Sukaptana Kamis (6/8).

Sukaptana menambahkan, deklarasi akan dilakukan dalam waktu dekat. Setelah seluruh proses seleksi calon wakil sudah usai. Nantinya, koalisi empat partai akan memiliki kekuatan cukup besar. Jika dijumlahkan, keempatnya punya 20 kursi di DPRD Sleman. Yakni Gerindra 6 kursi, Golkar 5 kursi, PKB 6 kursi, dan PPP 3 kursi.

Sukaptana menambahkan, meskipun keempat partai sudah berkomitmen, pihaknya masih membuka diri untuk partai lain yang ingin bergabung. Di luar koalisi terebut, masih menyisakan PKS dan NasDem. Sedangkan PDIP sudah berkoalisi dengan PAN untuk mengusung Kustini Sri Purnomo dan Danang Maharsa.

Terpisah, Ketua DPD Partai Golkar Sleman Janu Ismadi mengaku, pihaknya masih akan melakukan seleksi internal dan mengusulkan satu nama di koalisi. Siapapun yang dipilih, Janu memastikan Golkar tetap satu barisan. “Intinya kami akan menyeleksi nama kader terbaik untuk diajukan, namun jika tidak dipilih, kami tetap berkomitmen tetap pada kesepakatan koalisi ini,” kata Janu. (eno/bah)