RADAR JOGJA – Koalisi Partai Gerindra, Partai Persatuan Pembangunan  (PPP), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Golkar siap menghadang koalisi PDI Perjuangan dan PAN. Mereka mengusung Danang Wicaksana Sulistya sebagai jagonya untuk bertarung dalam kontestasi Pilkada Sleman. Kini mereka tinggal mencari nama calon pendampingnya saja.

Ketua DPC Partai Gerindra HR Sukaptana mengatakan, bermodalkan 20 kursi milik ke empat partai pengusung memantapkan koalisi mengusung Danang Wicaksana Sulistya. Detailnya Gerindra dengan 6 kursi, Golkar memiliki 5 kursi, PKB dengan 6 kursi dan PPP sebanyak 3 kursi.

“Sepakat mengusung Danang Wicaksana Sulistya sebagai calon Bupati Sleman.  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sleman. Semua sudah kami sepakati dalam pertemuan tadi malam,” jelas Ketua DPC Partai Gerindra HR Sukaptana dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis (6/8).

Sukaptana menjelaskan, keputusan ini dituangkan dalam sebuah nota. Selanjutnya ditandatangani oleh masing-masing petinggi partai. Gerinda diwakili oleh Sukaptana, lalu Ketua DPD Partai Golkar Sleman Janu Ismadi, Sekretaris DPC PKB Tri Nugroho, dan Dispilkada DPW PPP DIJ Yusron.

”Langkah selanjutnya adalah membahas nama calon pendamping Danang. Proses seleksi nama-nama berlangsung dengan musyawarah. Masing-masing partai mengajukan nama untuk kemudian dirembug bersama. Kami sepakat mekanisme penentuan bakal calon wakil bupatinya dengan musyawarah, tidak ada voting,” katanya.

Ketua DPD Partai Golkar Sleman Janu Ismadi memastikan partainya siap. Hingga saat ini pihaknya masih melakukan melakukan seleksi internal. Untuk memilih satu nama yang akan diusulkan sebagai pendamping Danang. Walau begitu Golkar tetap berjiwa besar jika calonnya tak terpilih. Janu memastikan Golkar akan tetap sejalan dengan koalisi saga politik. Tetap dalam barisan seandainya kandidat wakil bupati bukan berasal dari kadernya.

“Intinya kami akan menyeleksi nama kader terbaik untuk diajukan, namun jika tidak dipilih, kami tetap berkomitmen tetap pada kesepakatan koalisi ini,” janjinya.

Isu yang beredar, DPC PKB Sleman juga telah mengantongi nama calon kandidat. Sosok ini adalah Agus Kholik. Sementara untuk PPP belum diketahui nama calon kandidat. Diketahui partai ini juga tengah melakukan seleksi internal.

Di luar dua koalisi ini masih ada beberapa partai yang belum bergabung. Di antaranya Partai Nasional Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera. Keduanya belum memastikan untuk merapat ke pasangan Kustiningsih Sri Purnomo-Danang Maharsa atau ke Danang Wicaksana Sulistya. (dwi/ila)