RADAR JOGJA – Kebakaran di RS Bethesda Lempuyangwangi Senin malam (3/8), sempat menimbulkan kepanikan. Selain berpacu memadamkan api, petugas juga harus mengevakuasi pasien. Salah satunya suspek Covid-19.

Koordinator Lapangan PSC 119 DIJ Kudiyana mengatakan, saat kebakaran di RS Bethesda Lempuyangwangi, bersama petugas RS mengevakuasi sembilan pasien. Satu di antaranya suspek Covid-19. “Tidak ada hamabtan serius untuuk evakuasi, hanya satu pasien suspek perlu prosedur saat rujukan,” jelasnya, Selasa (4/8).

TERBAKAR: RS Bethesda Lempuyangwangi, Bausasran, Danurejan, Jogja, Selasa (4/8). kebakaran tersebut diduga karena konleting listrik.( ELANG KHARISMA DEWANGGA/RADAR JOGJA )

Pria yang akrab disapa Kudi Bejo itu menambahkan, satu pasien suspek itu dievakuasi ke ruang isolasi RS Bethesda Senin malam pukul 21.00. Kini pria 57 tahun itu sudah dirawat di bangsal di RS Bethesda. Menurut dia, pria suspek Covid-19 itu dari hasil dua kali rapid test reaktif. “Sudah dilakukan tes swab, hasilnya belum keluar, ada penyakit penyerta gula. Update terakhir kondisinya baik,” ungkapnya.

Kepala Seksi Operasi dan Penyelamatan Dinas Kebakaran Kota Jogja Mahargyo mengatakan, sebanyak 15 personil dan empat mobil pemadam kebakaran kota dikerahkan. Personil lengkap mengenakan APD sesuai standar operasional prosedur saat pemadaman api. Selesai melakukan penyemprotan pun dilakukan dekontaminasi di BPBD DIJ.

Menurut dia, waktu kejadian pukul 18.30. Pemadaman api membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Ini karena api sudah membesar dan luasan yang terbakar sekitar 102,6 meter persegi. “Kami response time empat menit setelah ada laporan,” katanya.

Kepala Bagian Humas RS Bethesda Lempuyangwangi, Kristianti Ananda menyebut, dari kapasitas 42 tempat tidur, di antaranya hanya ada 8 pasien rawat inap yang dirawat saat terjadinya musibah kebakaran tersebut. Namun, seluruh pasien dipindahkan perawatan ke RS Bethesda Sudirman. Pasien berhasil dievakusi hingga pukul 23.00. “Kebetulan hanya ada delapan pasien sudah kami pindahkan. Semua tim kooperatif dan cepat,” ujarnya.

TERBAKAR: RS Bethesda Lempuyangwangi, Bausasran, Danurejan, Jogja, Selasa (4/8). kebakaran tersebut diduga karena konleting listrik.( ELANG KHARISMA DEWANGGA/RADAR JOGJA )

Pantauan Radar Jogja Selasa (4/8), tidak sedikit pasien atau masyarakat yang kecele akan melakukan pemeriksaan di RS tersebut. “Pemeriksaan kami alihkan sementara di RS Bethesda Sudirman. Kalau pasien rujukan kami sarankan ke puskesmas masing-masing dulu,” sambungnya. (wia/pra)