RADAR JOGJA – Pemerintah Provinsi DIJ mengimbau masyarakat untuk lebih waspada dan tetap menerapkan protokol kesehatan sebagai antisipasi penyebaran Covid-19. Mengingat lonjakan kasus yang ditemukan dari transmisi lokal belakangan ini.

Wakil Sekretariat Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIJ Biwara Yuswantana menyatakan, kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan menjadi kunci utama memutus mata rantai Covid-19, di samping peran dan tanggung jawab pemerintah.

“Imbauan sudah sering kami sampaikan bahkan panduan pencegahan dan pengendalian Covid-19 juga sudah kami publikasikan. Hingga tahap sosialisasi bahaya Covid-19 juga sudah kami lakukan secara masif,” katanya, Rabu (5/8).

Selain itu Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 di tingkat Desa atau Kelurahan juga harus terus mengedukasi warganya.

“Kuncinya adalah dari orang per orang, masyarakat ke masyarakat, jika ingin penyebarannya berhenti maka hindari perilaku yang membuka peluang terjaidnya penularan,” tegasnya.

Sementara itu Pemprov DIJ juga tengah menyiapkan tambahan sumber daya manusia dan fasilitas kesehatan agar mampu melayani jika ada tambahan kasus.

“Yang terpenting adalah peran serta semua pihak yang menjadi penentu sejauh mana penyebaran Covid-19 akan terjadi. Jangan sampai transmisi lokal menjadi klaster penyebaran Covid-19 di DIJ,” tegas Sekretaris Provinsi Pemprov DIJ Kadarmanta Baskara Aji. (sky/tif)