RADAR JOGJA -Setelah lebih dari empat bulan tutup akibat Pandemi Covid-19, mulai  Senin (3/8) Gembira Loka Zoo (GL Zoo) dibuka kembali untuk pengunjung. Pengunjung bisa masuk setelah memenuhi persyaratan ketat protokol kesehatan.

Direktur Utama GL Zoo, KMT A Tirtodiprojo menyebutkan banyak wisatawan yang datang ke GL Zoo terpaksa ditolak masuk karena tidak memenuhi persyaratan. Di antaranya pengunjung rombongan kecil, keluarga yang baru datang dari luar kota, dan yang membawa balita atau lansia.

“Syarat masuk pengunjung yang dari luar kota memang harus tinggal di Jogja dulu selama dua minggu,” ujar Joko, sapaan Direktur Utama GL Zoo.

Kebun binatang ini dibuka mulai pukul 09.00 hingga 15.00. Untuk sementara pintu masuk hanya melalui pintu barat atau dari Jalan Veteran. Per harinya jumlah pengunjung dibatasi 300 orang. Di minggu kedua baru dinaikkan kapasitasnya menjadi 500 orang. 

Hingga Senin (3/8) pukul 12 siang, tercatat ada 86 pengunjung yang diizinkan masuk. Sedangkan 26 pengunjung dengan mobil dari luar kota terpaksa diminta putar balik. Di antaranya dari Jakarta, Bogor, Madiun, Semarang, Magelang, Klaten, Kudus dan wilayah Jateng lainnya. Bahkan pihaknya juga terpansa menolak kunjungan Konsulat Jenderal dari Jakarta demi menjaga protokol kesehatan.

“Untuk pengunjung dengan kendaraan roda dua yang harus balik arah karena tidak memenuhi protokol kesehatan ada 6 unit,” tambahnya. (sky/tif)