RADAR JOGJA – Sempat terhenti, tahapan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 bakal dilanjutkan lagi. Setelah merampungkan seleksi kemampuan dasar (SKD), kini melaksanakan seleksi kemampuan bidang (SKB) yang tertunda sejak Maret lalu.

Kepala Bidang Formasi Pengembangan Data Pegawai, Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Gunungkidul Reni Linawati mengatakan, pada SKB di Kabupaten Gunungkidul menyisakan 601 orang. “Rencananya tes SKB dilaksanakan di rentang waktu September hingga Oktober 2020. Tapi kepastiannya menunggu instruksi pusat,” kata Reni Linawati saat dihubungi Minggu (2/8).

Akan tetapi saat ini persiapan mulai dilakukan. Setelah lulus test tahap pertama, SKD, peserta berhak mengikuti tes lanjutan kompetensi bidang. Untuk lokasi SKB sendiri telah diumumkan di laman resmi milik BKPP.“Peserta yang lolos bisa memilih lokasi mulai 1-7 Agustus melalui situs sscn.bkn.go.id,” ujarnya.

Dalam pemilihan lokasi ujian SKB, peserta diberikan kebebasan memilih hingga tiga kali. Namun disarankan peserta memilih lokasi terdekat dengan tempat tinggal sehingga akses menuju lokasi ujian bisa lebih mudah.“Untuk DIJ, salah satu lokasi test berada di Jogjakarta Expo Center (JEC). Sedangkan lokasi lain, saya belum mengecek di sistem,” ucapnya.

Lebih jauh dikatakan, test CPNS di wilayah ujung timur Provinsi DIJ jumlah peserta yang mengiuti Seleksi Kompetensi Dasr (SKB) ada 2.622 orang. Tidak semua perserta lolos karena yang dinyatakan maju ke tahapan berikutnya hanya sebanyak 603 pendaftar.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gunungkidul, Drajad Ruswandono mengaku telah mengeluarkan edaran berkaitan dengan lanjutan CPNS formasi 2019. Tahapan sekarang masih sebatas pemilihan lokasi dan pencetakan kartu ujian SKB. “Setelah memilih lokasi, pada 8 Agustus peserta bisa mencetak kartu ujian,” kata mantan Sekretaris DPRD DIJ itu. (gun/pra)