RADAR JOGJA – Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban biasanya juga berlangsung meriah di berbagai sekolah. Namun pembelajaran di rumah karena Pandemi Covid-19 membuat kurban di sekolah tahun ini tidak bisa dilakukan seperti tahun-tahun sebelumnya. Salah satunya di KB-TK-SD Islam Al Azhar 38 Bantul yang tetap melaksanakan penyembelihan hewan kurban namun bersama warga setempat, Jumat (31/7). Tentu dengan mematuhi aturan dari pemerintah.

Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya kerumunan massa di lingkungan sekolah. Hewan kurban yang terdiri dari satu ekor sapi dan empat ekor kambing ini

didistribusikan ke tiga dusun. Yakni Padukuhan Gemahan, Babadan, dan Kersen (Teruman).

“Kami tetap mengadakan penyembelihan hewan kurban di tengah pandemi Covid-19, meskipun dengan konsep yang berbeda dari tahun lalu. Agar warga sekolah masih dapat berbagi dengan masyarakat sekitar tanpa mengurangi esensi pelaksanaan idul adha itu sendiri,” jelas Kepala SD Islam Al Azhar 38 Bantul Indra Juharni.

Selain itu, pihaknya juga ingin memberikan pelajaran kepada muridnya bahwa meski di masa Pandemi Covid-19 seperti ini, harus dapat meningkatkan kepedulian terhadap masyarakat.

Sementara itu ketua takmir dan ketua panitia Idul Adha Masjid Al Musthofa Teruman Tri Utomo berharap kegiatan penyembelihan hewan kurban bersama warga sekitar sekolah Al Azhar akan menjalin ukhuwah persaudaraan yang lebih erat.

“ Sangay membantu panitia serta warga sekitar, kami sekarang merasakan lebih memiliki dan menjadi bagian dari KB – TK – SD 38 SD IA 38 Bantul,” ungkapnya. (sky/tif)