RADAR JOGJA – Pekan Olahraga Daerah (Porda) XVI DIJ resmi digelar pada 1-9 September 2022. Hal itu disepakati dalam rapat yang digelar Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DIJ bersama KONI Kabupaten/Kota se-DIJ.

Beberapa hal menjadi pertimbangan saat tanggal tersebut ditetapkan. Di antaranya, karena tuan rumah Kabupaten Sleman menginginkan Porda XVI DIJ dapat diadakan beriringan dengan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang jatuh setiap tanggal 9 September. Selain itu, pada 10-25 September 2022 terdapat kegiatan olahraga Asian Games XIX di Tiongkok.

Di tahun yang sama, juga terdapat event Piala Dunia sepak bola di Qatar pada 21 November – 18 Desember 2022. Sehingga menurutnya tidak tepat apabila pelaksanaan agenda olahraga multievent tertinggi di DIJ itu dihelat dalam waktu yang bersamaan dengan event olahraga lainnya. “Maka win-win solution yang dipakai supaya momentum Haornas tetap ada, dilaksanakan pada 9 September 2022 untuk penutupannya. Kemudian pembukaannya pada 1 September 2022,” ujar Ketua Umum KONI DIJ Djoko Pekik Irianto.

Dikatakan, bulan Oktober yang menjadi pelaksanaan Porda XV DIJ 2019 lalu, tidak serta merta menjadi patokan untuk perhelatan Porda berikutnya. Mengingat hal tersebut menjadi usulan dari tuan rumah pelaksana yakni Kota Jogja. Yang kemudian disesuaikan dengan rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja.

Begitu pula dengan Porda XIV DIJ 2017 di Kabupaten Bantul yang justru digelar pada bulan Juli-Agustus 2017. “Sejak lama tuan rumah Kabupaten Sleman mewacanakan supaya pelaksanaan Porda XVI DIY 2022 dapat digelar pada bulan September bertepatan dengan Haornas,” jelas Djoko.

Ketua Umum KONI Sleman Pramana yang hadir dalam rapat pun menyetujui kesepakatan jadwal Porda. Meski semula pihaknya mengusulkan Porda XVI dapat dilaksanakan pada September 2021. (ard/bah)