RADAR JOGJA – KAI Daerah Operasional (Daop) 6 Jogjakarta kembali operasikan kereta api (KA) jarak jauh, yakni KA Argo Dwipangga, Taksaka, dan Argo Lawu. Hal tersebut, untuk menunjang perjalanan masyarakat saat hari raya Idul Adha.

“Setelah tidak dioperasionalkan beberapa waktu karena pandemi Covid-19, secara bertahap kami jalankan kembali. Mengingat, saat Idul Adha juga biasanya kebutuhan masyarakat akan transportasi kereta api meningkat,” ujar Manager Humas PT KAI Daop 6 Jogjakarta Eko Budiyanto kepada Radar Jogja.

Eko menyebutkan, untuk KA Argo Dwipangga dan Taksaka akan dioperasikan pada 2 Agustus mendatang. “Kalau KA Argo Lawu sudah beroperasi hari ini, Kamis (30/7),” sambung dia.

Dilanjutkan, KA Argo Dwipangga akan diberangkatkan dari Stasiun Solo Balapan menuju Stasiun Gambir Jakarta pukul 19.45. Kemudian, KA Taksaka akan diberangkatkan dari Stasiun Gambir menuju Stasiun Yogyakarta pada pukul 21.30 malam. “Sedang, KA Argo Lawu akan diberangkatkan dari Stasiun Gambir pada pukul 21.00,” lanjutnya.

Sesuai prosedur yang telah ditentukan, kereta-kereta tersebut akan dioperasikan dengan protokol kesehatan. Pun, penumpang akan melalui pengecekan yang ketat.

“Misalnya, wajib memakai masker dan juga face shield karena penumpang KA jarak jauh, tes suhu tidak boleh melebihi 37,3 derajat celcius, memakai pakaian lengan panjang, physical distancing, dan sebagainya,” jelas Eko.

Seperti diketahui, saat ini untuk bepergian menggunakan KA jarak jauh harus membawa surat keterangan hasil negatif Covid-19. Eko menyebutkan KAI Daop 6 telah menyediakan layanan rapid tes gratis bagi penumpang KA. Dengan harga terjangkau yaitu Rp 85 ribu dengan syarat sudah mengantongi kode booking kereta.

Saat Idul Adha ini, Eko menyampaikan PT KAI akan memberikan potongan harga tiket dari 30 Juli hingga 2 Agustus mendatang. “Potongannya hingga 25 persen yang dapat dipesan melalui KAI Access dan layanan resmi lain. Tetapi terbatas,” paparnya. (cr1/bah)