RADAR JOGJA – Kompetisi Liga Indonesia dipastikan kembali bergulir Oktober mendatang. Hanya saja, hingga kini belum ada kejelasan soal jadwal kick off Liga 2. Kendati demikian sejumlah klub mulai ancang-ancang untuk menggelar latihan. Satu di antaranya adalah PSIM Jogja.

Pelatih PSIM Seto Nurdiyantara menyebut, menyongsong kembalinya Liga, tim pelatih setidaknya butuh persiapan sekitar dua bulan. Artinya jika Oktober Liga 2 dilanjutkan, ia berharap Agustus skuadnya sudah mulai berkumpul. “Idealnya memang dua bulan karena pemain harus beradaptasi lagi untuk latihan bersama,” katanya.

Guna mematangkan persiapan, belum lama ini tim pelatih PSIM menggelar rapat koordinasi. Berbagai hal dibahas. Mulai soal venue dan program latihan, hingga mencari informasi terkini perihal protokol kesehatan untuk latihan.

Di sisi lain, klub kebanggaan warga Jogja ini memang berencara menggelar latihan pertengahan Agustus. Hanya rencana itu bisa saja meleset karena saat ini belum ada pengumuman resmi dari PSSI terkait kick off Liga 2. “Kami punya wacana latihan kembali dimulai minggu pertama atau minggu kedua Agustus. Namun itu semua baru wacana tim pelatih,” ungkap Pelatih Fisik PSIM Asep Ardiansyah.

Lebih lanjut, Asep menjelaskan, ada banyak faktor penting yang harus disiapkan sebelum mengumpulkan pemain dan ofisial ke Jogja. Utamanya terkait protokoler kesehatan dan terkait renegosiasi kontrak pemain.

Saat ini, program planning tengah disusun tim pelatih meliputi sejumlah aspek. Seperti teknik, taktik, fisik, serta mental. “Pelan-pelan semua aspek dalam sepak bola kami berikan kembali, bukan hanya khusus di fisik saja,” beber eks pelatih fisik PSS Sleman itu.

Di sisi lain, ada banyak hal yang harus dibenahi untuk mengembalikan kondisi fisik TA Musafri cs. Apalagi, kemampuan fisik setiap individu pemain dalam semua aspek dipastikan menurun karena sudah empat bulan hanya berlatih mandiri di rumah masing-masing.

“Setelah latihan pertama dan kedua akan terlihat aspek mana saja yang paling utama yang harus lebih dulu di perbaiki. Apakah endurance, kecepatan, strength, dan lain-lain. Rencananya mungkin latihan akan kami gelar sehari sekali di pagi hari,” tambah Asep. (ard/laz)