RADAR JOGJA – Dua ekor sapi dengan berat masing-masing lebih dari satu ton disumbangkan Presiden Joko Widodo untuk Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada Jumat esok (31/7). Sapi jenis simental kali ini akan dikurbankan untuk warga Kulonprogo. Di tahun sebelumnya, sapi kurban Presiden diserahkan untuk Bantul dan Sleman.

“Bantuan hewan kurban dari Presiden diserahkan ke Istana Kepresidenan Jogjakarta dan Masjid Al-Iman di Pedukuhan Paras, Kalurahan Banjarasri, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo,” jelas Ketua Pelaksana Panitia Distribusi Kurban Maladi, di sela penyerahan sapi kurban di Kompleks Kepatihan, Kamis (30/7/).

“Kebetulan tahun ini yang belum Kulonprogo, sehingga kami koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Kulonprogo,” tambahnya.

Sapi kurban dari Presiden ini dibeli dari seorang warga Bantul Rika Daru Efendi. Dia mengaku beruntung sebab sapi peliharaannya lolos seleksi dari lima ekor sapi lainnya yang telah diajukan. Telah dilakukan pengecekan untuk memastikan kondisi hewan kurban tersebut sehat.

“Berat badannya ada 1 ton 2-3 kilogram. Jenis sapi simental,” ujarnya.

Gubernur DIJ  Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Wakil Gubernur DIJ Sri Paduka Paku Alam X juga berkurban 7 ekor sapi untuk Warga Jogjakarta. Diserahkan ke Masjid Gedhe Kauman, Masjid Agung Pakualaman, Masjid Pangeran Diponegoro Balai Kota Jogja. Untuk wilayah Sleman di Masjid Al-Barokah, Prambanan, Sleman, wilayah Kulonprogo Masjid Al-Amin, Masjid Nurul Huda Dlingo, Bantul dan Masjid Al-Muttaqin di Gunungkidul. (sky/tif)