RADAR JOGJA – Kemampuan bermusik seseorang dimulai dengan cara yang beragam. Pemusik dan pencipta lagu ini, Adinda Vidya, memulai karirnya dengan mencari tahu cara bermusik lewat kanal Youtube.

“Sekitar 2016, saat mulai booming Youtube, aku sering mengulik musik lewat aplikasi video populer dari Google tersebut,’’ ujar cewek kelahiran Jogja, 17 Februari 1999 tersebut, Senin (27/7).

Biasa dipanggil Adinda Vidya, dia mulai menyanyi dan memainkan alat musik, semisal gitar, pada saat duduk di bangku SMP. “Aku mulai mencari tahu lewat video-video ‘’How to Play Guitar’’ dan sebagainya di Youtube,’’ kata Dinda, sapaannya.

Tak hanya itu, Dinda juga mencari tahu sesuatu yang berkaitan dengan musik. Di antaranya mixing, mastering, dan juga belajar vokal. Semuanya dilakukan dengan menyaksikan video di Youtube. “Otodidak dibantu ’guru’ di Youtube,’’ kelakar penyuka makanan lotek ini.

Dinda sangat percaya dengan riset sebelum menciptakan lagu dan merekam di kamar kos-nya di Jakarta. Dia terlebih dahulu mencari tahu lewat Youtube, microphone apa yang cocok untuk jenis suaranya, mencari soundcard di marketplace, kabel audio yang bagus untuk recording, dan juga laptop yang cocok untuk rekaman dan editing video. Semua dia lakukan sendiri.

Perempuan berparas manis dan berkaca mata tersebut menyelesaikan jenjang SD dan SMP-nya di Jogja. Saat SMA, hijrah dari Jogja ke Bogor. Saat ini sedang merampungkan kuliahnya dengan mengambil program studi ekonomi manajemen dengan konsentrasi marketing di sebuah kampus ternama di ibukota.

Ilmu marketing yang dia dapatkan di bangku kuliah tersebut sangat bermanfaat dalam penitian karirnya di dunia penciptaan lagu. “Untuk release sebuah musik perlu timeline. Kapan dilakukan pra-release, saat release, dan post-release. Release lagu dan musik aku upload di instastory instragramku: @dindavidd,’’ ujar Dinda.

Dengan timeline tersebut dia bisa membangun hype. “Aku tidak punya ekspektasi bahwa lagu-lagu yang aku share bakal banyak yang suka. Dugaanku meleset, ternyata banyak yang me-repost,’’ tutur Dinda.

Selain Instagram, dia juga memposting lagu-lagunya lewat Facebook dan Youtube. Termasuk dia posting di i-Tunes, Spotify, Apple Music, dan Deezer. ‘’Yang utama, how to promote my music (bagaimana mempromosikan lagu saya) dengan benar,’’ tegas Dinda.

Sampai sampai awal-awal kuliah, Dinda sering nyanyi lagu cover di kafe sebagai hobi dan side job. “Aku mulai serius menciptakan lagu dengan membuat chord pada 2018. Disusul dengan mulai membuat lirik pada 2019. Ide musik dan lirik muncul di manapun dan kapanpun. Terutama di saat mood-ku sedang baik,’’ kata Dinda.

Goals atau tujuan yang dia inginkan, memiliki account Spotify yang masuk kategori verified artis musik. Penyuka lagu ciptaannya, selain dari dalam negeri, juga berasal dari Belanda, Australia, dan Amerika Serikat.

“Lagu-laguku semua ber-lirik Bahasa Inggris. Bagi aku, lebih mudah menyampaikan pesan dengan Bahasa Inggris,’’ kata Dinda.

Pada 24 Juli 2020 dia me-release lagu berjudul The Way. Rekamannya dilakukan dinihari pukul 02.00-04.00 di kamar kosnya. Lagu bergenre soul pop dan jazz tersebut bercerita tentang kekaguman Dinda terhadap seseorang.
Iringan musik The Way dia lakukan sendiri dengan meramu menggunakan komputer berupa keys drum, bass, dan keyboard. Dia menambahkan instrumen gitar dibantu temannya, yang juga gitaris.

Dinda terbilang cepat dalam menciptakan lagu. Hanya butuh waktu sehari atau dua hari. Yang lama, memilih judul lagunya. “Pernah aku selama tiga bulan baru nemu judul lagu tersebut,’’ ujarnya. (*/iwa/gp/ila)