Radar Jogja – Organisasi Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Lokal Kecamatan Depok segera memiliki kantor sekretariat. Kepala Desa Condongcatur Reno Candra Sangaji secara resmi meletakkan batu pertama atau ground breaking pembangunan kantor itu, Jumat pagi (24/7).

Ketua RAPI Lokal Kecamatan Depok Murgiyanto mengungkapkan, sebelumnya sekretariat RAPI Lokal Kecamatan Depok selalu berpindah- pindah. Di tahun 2020 ini pengurus telah berkoordinasi dengan Pemerintah Desa Condongcatur untuk difasilitasi.

Gayung pun bersambut. Kantor Sekretariat RAPI Lokal Kecamatan Depok rencananya dibangun di atas tanah kas desa Condongcatur di Leles, Padukuhan Ngringin, Condongcatur, Depok. “Rencana tanah yang dipakai 128 meter per segi. Luas bangunan 63 meter dan akan dibangun repiter (pemancar, Red),” kata Murgiyanto di sela pertemuan.

Murgiyanto yang juga Kasi Kesejahteraan Desa Condongcatur ini menjelaskan, dibangunnya kantor sekretariat selain untuk menyimpan banyaknya barang inventaris, juga banyaknya anggota yang tergabung. Anggota tercatat lebih dari 100 orang, sehingga dibutuhkan satu tempat yang nyaman untuk pertemuan rutin.

“Kami melaksanakan pertemuan anggota setiap bulan sekali. Anggotanya paling aktif dan sangat banyak, bahkan se-DIJ kami terbanyak,” ujarnya.
Pria yang akrab disapa Pak Mur ini mengatakan, biaya pembangunan kantor sekretariat RAPI Lokal Kecamatan Depok berasal dari patungan dan urunan anggotanya yang berasal dari tiga desa yakni Caturtunggal, Maguwoharjo, dan Condongcatur.

Selain bantuan dana, beberapa anggota telah menyumbang dalam bentuk barang material, seperti semen, batu, gamping, dan pasir. “Alhamdulillah, hari ini langsung ditambah dana segar dari Pak Reno Rp 5 juta dan Pemdes Condongcatur Rp 3 juta,” ungkapnya.

Murgiyanto menargetkan bangunan kelar enam bulan ke depan. Setelah itu kantor sekretariat bisa difungsikan sesuai tujuan yakni selalu aktif dalam kegiatan sosial masyarakat.

Sementara itu, Kades Condongcatur Reno Candra Sangaji sangat mendukung penuh pembangunan ini. Ia berharap dengan adanya kantor sekretariat RAPI Lokal Kecamatan Depok nantinya dapat lebih membantu dan bermanfaat bagi masyarakat.

Reno yang juga akan maju Sleman-1 pada kontestasi pilkada mendatang menyadari, dengan adanya organisasi ini tidak hanya pemerintah desa saja yang terbantu, tetapi juga masyarakat secara luas. Hal itu disebutkan Reno perihal kegiatan sosial yang dilakukan RAPI, antara lain, konsisten memberikan informasi terkait bencana alam, membantu protokoler pemerintahan, pengamanan hari besar agama, hingga hajatan di masyarakat. (*/laz/ila)