RADAR JOGJA – Dukungan partai politik semakin mengerucut dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Gunungkidul 9 Desember. Dari tiga bakal calon bupati (bacabup), dua di antaranya telah mengantongi surat tugas hingga surat rekomendasi partainya.

Partai Nasdem sebagai peraih peringkat kedua di Pileg 2014 pun kini kehilangan kandidat terbaik. Menyusul mundurnya Wahyu Purwanto dari pencalonan. Ipar Presiden Joko Widodo, ini menyatakan berhenti dari percaturan politik menuju GK 1 ”Keputusan ini atas arahan langsung Pak Jokowi dan Ketua Umum Nasdem Bapak Surya Paloh. Tidak ada kaitannya dengan politik dinasti,” kata Wahyu Pur wanto kepada wartawan di pos ko pemenangan, Siyono, Playen, kemarin (26/7).

Dia mengungkapkan, kakak iparnya, Jokowi dan pendiri Partai Nasdem Surya Paloh menya rankan agar kegiatan politik diubah menjadi kegiatan sosial. Wahyu menyadari kompetensinya memang di dunia sosial. ”Oleh karena itu saya me matuhi arahan beliau berdua sebagai tokoh yang sudah lebih seni or dan pengalaman. Kalau saya berbelok dari poltik ke sosial, bukan terkait dengan dinasti politik dan sebagainya,” katanya. Sementara itu, Ketua DPW Nasdem DIJ Subardi mengatakan, Wahyu Purwanto bagian dari keluarga Jokowi dan di butuh kan untuk kegiatan sosial. Lalu siapa pengganti Wahyu? Kata Subardi, ada 10 nama yang mendaftar. Selain Wahyu Purwanto, ada nama Mayor Sunaryanta yang masuk dalam ranking survei. Jadi yang masih ranking diprioritaskan. ”Tapi untuk siapa yang akan mendapat rekomendasi, belum bisa dipastikan. Politik itu cair,” ucapnya.

Di bagian lain, Sekretaris DPC PAN Gunungkidul Anwarudin memastikan bersama partai koalisi PKS dan Demokrat, siap mengusung duet Sutrisno Wibo wo- Mahmud Ardi Widanto. Tinggal Gerindra yang belum turun rekomendasinya. ”Sebenarnya kami bersama PKS dan Demokrat sudah bisa mengusung Sutrisno-Ardi,” kata Anwarudin. Sebelumnya, Ketua DPC PDIP Gunungkidul Endah Subekti Kuntariningsih mengatakan secara resmi telah menerima surat reko mendasi bakal pasangan calon (bapaslon) kepala daerah dari DPP. Pasangan Bambang Wis nuBenyamin mendapatkan mandat untuk mengikuti gelaran Pilkada Gunungkidul. (gun/laz/fj)