RADAR JOGJA – Menjadi tempat layanan masyarakat yang menyediakan kebutuhan pokok sehari-hari, pasar menjadi salah satu tempat yang paling sering dikunjung masyarakat. Untuk itu, pasar-pasar di Kota Jogja akan segera dipasang QR Code di setiap pintu masuk.

Hal itu dilakukan untuk mempermudah proses tracing, jika suatu saat terjadi kasus di pasar. “Secara bertahap mulai minggu depan kami pasang di pintu-pintu masuk,” tutur Kepala Seksi Pengembangan Pasar, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Jogja Dwi Nanto Sujatmiko kepada Radar Jogja, Kamis (23/7).

Dia menyebutkan, untuk skala prioritas pihaknya akan mendahulukan Pasar Beringharjo terlebih dahulu. Kemudian akan berlanjut ke pasar-pasar yang lain.

Mengingat, Pasar Beringharjo merupakan salah satu pasar yang sering menjadi pilihan para wisatawan. Karena letaknya juga berada di sepanjang Jalan Malioboro.

Nanto menyampaikan, di Pasar Beringharjo sebenarnya telah ada QR Code. Dan titik penempatannya berada di lantai 3 Disperindag Beringharjo. “Sudah difungsikan, tetapi untuk area yang lantai 3 masuk ke kantor,” lanjut dia.

Untuk akses pintu masuk yang lain, dia menyampaikan akan dilakukan bertahap. Karena harus ada sosialisai terlebih dahulu. “Sedang dalam proses sosialisasi dan edukasi ke pengelola pasar karena dibutuhkan admin dimasing-masing pasar. Rencana mulai dicetak dan diperbanyak untuk dipasang di pintu-pintu masuk pasar,” jelasnya.

Dilanjutkan, dalam hal QR Code ini harus disiapkan dengan matang. Agar nantinya juga dapat difungsikan dengan baik oleh para pengelola. “Karena memang butuh SDM atau orang sebagai admin agar kalau ada hal-hal yang ditanyakan pengunjung bisa langsung diarahkan,”  ungkap Nanto.

Dihubungi terpisah, Kepala Disperindag Kota Jogja Yunianto Dwi Sutono menyebutkan, pemberian QR Code di pasar-pasar tersebut sangat efektif untuk pelacakan Covid-19 di masa pandemi ini. “Sehingga dapat mempermudah proses tersebut,” lanjutnya.

Dengan QR Code, dapat diketahui secara akurat pengunjung-pengunjung pasar, terutama Pasar Beringharjo.Terlebih pasar tersebut mrupakan salah satu tujuan wisata belanja di Kota Jogja “Sehingga akan terdeteksi dengan mudah apabila dibutuhkan tracing Covid-19 termasuk pengunjung dari luar kota,” sambung dia. (cr1/bah)