RADAR JOGJA – Meski sudah mengusung pasangan calon yang akan bersaing di Pilkada Purworejo 2020, PDI Perjuangan belum mematok perolehan suara. Mereka masih menunggu kepastian berapa paslon yang bersaing.

“Peta politik bau terlihat pasti setelah masa pendaftaran di KPU (Komisi Pemilihan Umum),” kata Ketua DPC PDIP Purworejo Dion Agasi Setiabudi, Senin (20/7). Dalam pilkada nanti, PDIP Purworejo mengusung paslon Agustinus Susanto dan Rahmad Kabuli Jarwinto. Agustinus sendiri sejak awal didorong oleh Gerindra, sementara Rahmad Kabuli merupakan kader internal PDIP

Diungkapkan Dion, pihaknya belum akan berandai-andai. Namun tetap akan menyajikan prosentasi atau perolehan suara yang akan ditetapkan dalam memperebutkan Purworejo 1 tersebut. “Yang jelas kami tetap menargetkan untuk menang,” imbuh Dion.

Sebagai kader partai, apa pun yang menjadi keputusan pimpinan maka harus tegak lurus untuk memenangkannya. Oleh karena itu, pihaknya menargetkan kemenangan dalam pilbup mendatang.

“Kami dari internal akan konsolidasi terus menerus, dimulai kita sudah konsolidasi untuk DPC dan PAC. Yang jelas dari partai kita rapatkan barisan dulu, baik dari tingkat kabupaten sampai tingkat desa rapatkan barisan,” imbuh Dion.

Selanjutnya, pihaknya juga akan berembug dengan partai koalisi dan pasangan calon untuk menentukan grand design pemenangan. Mengenai koalisi, lanjut Dion, selain dengan Partai Gerindra partainya masih terbuka bagi partai lain untuk berkoalisi. “Yang sudah pasti mengusung kan Demokrat dan Golkar. Kalau dengan partai yang lain kita tunggu waktu deklarasi. Jadi siappun masih bisa merapatkan barisan,” tambahnya.

Walaupun sudah ada rekomendasi bagi Agustinus Susanto, namun Partai Gerindra Purworejo belum bisa menjawab mengenai rekomendasi tersebut. Hingga saat ini, mereka masih menunggu turunnya rekomendasi dari Pusat.”Kami belum mendapatkan mengenai rekomendasi untuk Purworejo. PDIP sah saja menyampaikan jika mereka sudah mendapat rekomendasi dan menyampaikan ke publik. Karena mereka sendiri saja sudah bisa mengusung calonnya,” kata pengurus Gerindra Purworejo, Samsul. (udi/pra)