RADAR JOGJA  – Dampak Pandemi Covid-19 turut dirasakan para musisi jalanan. Karena hampir  empat bulan mereka tidak tampil dalam pertunjukan musik. Namun kini mereka memiliki cara untuk tetap mengekspresikan diri dan tetap berkarya. Memasuki era new normal musisi jalanan di Jogja melakukan terobosan baru dengan even live music virtual, Minggu malam (19/7). Tampak musisi rap Mahijadedi, Han dan Nisa Winartha turut berpartisipasi.

Diinisiasi panunggal art production bekerja sama dengan Our Coffee, even ini untuk mewadahi para musisi jalanan dalam menapaki dunia industri musik. Manager director Panunggal Art Production Yunita Saridewi menjelaskan, live music virtual ini diharapkan  mendapat sambutan baik dari masyarakat pecinta musik.

Salah satu musisi yang diangkat yakni Nol Km. Sebuah band yang menampilkan musik era 90an di kawasan Titik Nol Kilometer.

“Setiap kami main selalu ada penonton ikut ngejam ikut nyanyi. Kegiatan ini bermula dari musisi jalan kami ingin maju ke industri musik,” ungkap salah satu personel Nol Km, Hanung.

Tak hanya untuk mengobati kerinduan para penggemar musik di tempat ini, para pengunjung juga bisa menikmati berbagai kuliner. Terutama kopi, wedangan, serta  jajanan khas Jogja. Sejumlah aturan protokol kesehatan juga diterapkan, seperti pembagian masker, disediakan tempat cuci tangan dengan hand sanitizer, pengecekan suhu tubuh dan menerapkan social distancing. (sky/tif)